Rumah Politik Jatim

Komposisi Caleg Dinamis, Partai Nasdem Diprediksi Amankan Kursi Dapil Jatim I untuk Pertama Kalinya

Lembaga riset politik Surabaya Consulting Group (SCG) merilis hasil survei pemilu legislatif di dapil Jatim I Surabaya dan Sidoarjo.

Komposisi Caleg Dinamis, Partai Nasdem Diprediksi Amankan Kursi Dapil Jatim I untuk Pertama Kalinya
ISTIMEWA/TRIBUN JATIM
Direktur Eksekutif SCG, Didik Prasetiyono. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lembaga riset politik Surabaya Consulting Group (SCG) merilis hasil survei pemilu legislatif di dapil Jatim I Surabaya dan Sidoarjo.

Survei ini digelar 18-24 Maret 2019 dengan jumlah responden sebanyak 520 orang dengan metode multistage random sampling.

Margin of error pada survei ini sebesar 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 98 persen.

Kampanye di Malang Diwarnai Guyuran Hujan, Surya Paloh Ajak Kader Nasdem Jaga SDA Indonesia

Lewat Nasdem Panen Raya, Nasdem Surabaya Ajak Warga Manfaatkan Ruang Kosong untuk Tanam Sayuran

Dari survei tersebut menunjukkan kuota 10 kursi DPR RI di Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo terdistribusi ke lima partai, yaitu PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, NasDem, dan Golkar.

Satu di antara yang paling mempengaruhi elektabilitas Parpol di Dapil ini adalah arah dukungannya dalam Pilpres, apakah ke Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin atau Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

”Di dapil ini, tingginya elektabilitas Jokowi yang mencapai 77,69 persen telah memengaruhi dan berdampak positif terhadap perolehan parpol-parpol yang diidentifikasi sebagai pendukung Jokowi,” ujar Direktur Eksekutif SCG Didik Prasetiyono, Rabu (10/4/2019).

Survei SCG menyebutkan, PDIP mengunci tingkat elektabilitas tertinggi sebesar 35,96 persen, disusul PKB 13,65 persen, Gerindra 6,73 persen, Golkar 3,85 persen, NasDem 3,46 persen, Demokrat 2,69 persen, PAN 2,69 persen, dan PPP 1,15 persen.

Partai-partai lain mendapat di bawah 1 persen. Sedangkan undecided voters masih tinggi, yaitu 26,73 persen.

Dengan kata lain, partai-partai pengusung Jokowi-Ma'ruf yaitu PDIP, PKB, Golkar, Nasdem dan PPP mendapatkan coat tail effect dari Jokowi-Ma'ruf Amin.

Halaman
123
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved