Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Bawaslu: Ini Sudah Ada Tanda-Tanda Mereka Mau Aneh-aneh

Mengenai kasus surat suara yang tercoblos di Malaysia, apa tindakan Bawaslu dan bagaimana pendapat Calon Presiden NOMOR URUT 01, Joko Widodo?

Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Bawaslu:  Ini Sudah Ada Tanda-Tanda Mereka Mau Aneh-aneh
Tribun Aceh
Surat suara yang tercoblos di Malaysia 

TRIBUNJATIM.COM - Baru-baru ini tersebar 3 video melalui WhatApp dan media sosial, yang mana dalam video itu terlihat surat suara yang tercoblos di Malaysia untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo- Ma’ruf Amin.

Selain itu, tampak pula surat suara yang tercoblos untuk Partai NasDem pada calon legislatif DPR RI nomor urut 03, atas nama Ahmad dan nomor urut 02 atas nama Davin Kirana.

Ketiga video tersebut menampakkan situasi penemuan kantong yang berisi surat suara oleh sejumlah warga di Bandar Baru Bangi, Taman Universiti Bangi, Selangor Malaysia.

Kejadian ini pun akhirnya dibenarkan oleh anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja. Menurut Rahmat Bagja ada sesuatu yang janggal terhadap pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Malaysia.

Pengakuan SBY yang Sering Disadap, Tak Pernah Telepon Lebih dari 3 Menit hingga Tahu Sosok Pelakunya

Sesuatu yang janggal tersebut seperti, saat pelaksanaan pemungutan suara menggunakan metode kotak suara keliling (KSK), Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) menolak untuk didampingi Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Luar Negeri.

"Kami sudah meminta KPU kepada PPLN agar pengawas TPS diikutkan dalam (pemungutan suara metode) KSK, tapi mereka menolak. Itu kan sudah ada tanda-tandanya," kata Bagja saat dihubungi, Kamis (11/4/2019).

"Kami bilang ini sudah ada tanda-tanda mereka mau aneh-aneh," katanya.

Kemudian Rahmad Bagja menjelaskan ada seorang Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia yang saat ini menjamat sebagai anggota PPLN.

Sedangkan anak dari Duta Besar untuk Malaysia ini sedang mencalonkan diri sebagai anggota DPR Dapil Jakarta 2 yang meliputi wilayah luar negeri.

Selain itu, Bagja menyebut, ada seorang Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia yang saat ini menjabat sebagai anggota PPLN. Padahal, anak dari Duta Besar Indonesia untuk Malaysia saat ini sedang ikut mencalonkan diri sebagai anggota DPR Dapil DKI Jakarta 2 yang meliputi wilayah luar negeri.

Halaman
12
Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved