Rumah Politik Jatim

Masa Tenang Pemilu 2019, Bawaslu Pamekasan Tertibkan Ratusan APK yang Masih Terpasang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pamekasan melakukan penertiban ratusan alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang.

Masa Tenang Pemilu 2019, Bawaslu Pamekasan Tertibkan Ratusan APK yang Masih Terpasang
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Personil Satpol PP Kabupaten Pamekasan dan Polri serta Bawaslu menertibkan APK yang masih terpasang di wilayah Kabupaten Pamekasan, Sabtu (13/4/2019) malam. 

TRIBUNJATIM.COM, MADURA - Masa kampanye terbuka pemilihan umum (Pemilu) 2019 secara resmi berakhir Sabtu (13/4/2019).

Bertepatan dengan hari tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pamekasan melakukan penertiban ratusan alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang atau terpampang pada sejumlah titik di wilayah Kabupaten Pamekasan.

Ketua Bawaslu Pamekasan, Abdullah Saidi mengatakan, sampai pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara 17 April 2019 mendatang seluruh peserta pemilu dilarang berkampanye.

Daftar Nama Pelatih yang Kehilangan Pekerjaannya Usai Gelaran Piala Presiden, Ada yang Dipecat

Pengamanan Pemilu 2019, Polda Jatim Sebut Prioritas di Pulau Madura & Kecamatan di Tapal Kuda

“Untuk itu semalam dan hari ini kami berkomitmen menertibkan APK bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan juga anggota kepolisian. Penertiban akan kami lakukan sampai hari Selasa (16/4/2019) mendatang, seluruh APK yang masih terpasang baik calon perseorangan, parpol atau pasangan calon akan kami tertibkan," kata Abddullah Saidi, Minggu (14/4/2019).

Menurut Abdullah Saidi, penertiban APK juga dilakukan pada beberapa posko pemenangan seluruh peserta pemilu sesuai aturan yang berlaku hingga ke pelosok kecamatan khususnya di wilayah Kabupaten Pamekasan.

Sebelumnya, kata Abdullah Saidi, Bawaslu Pamekasan telah mengirimkan surat kepada pihak Partai Politik (Parpol) supaya APK diturunkan sendiri.

Tetapi jika hal itu tidak dilakukan, maka petugas Bawaslu terpaksa yang akan melakukan penertiban.

“Dan kebanyakan memang tidak diturunkan secara mandiri. Jadi semalam dan hari ini kami turunkan bersama tim gabungan dengan Polri dan Satpol PP,” terangnya.

Ditanya mengenai berapa jumlah pasti APK yang sudah ditertibkan oleh Bawaslu Pamekasan selama memasuki hari tenang ini, Abdullah Saidi mengaku belum bisa merinci.

Sebab, pihaknya masih akan terus melakukan penertiban.

Setelah penertiban selesai, baru pihaknya akan melakukan perekapan.

"Mengenai data yang pasti berapa jumlah APK yang sudah kami tertibkan, kami masih belum merekap. Keseluruhan yang jelas ratusan APK yang diamankan selama semalam dan hari ini," bebernya.

Intip Deretan Lengkap Tren Kebaya 2019 yang Modis untuk Model Hijab, Wisuda sampai Bridesmaid

Batas Akhir Pelunasan Biaya Haji Tahap I Ditutup 15 April Ini, Jangan Sampai Lupa!

Abdullah juga mengimbau kepada peserta Pemilu 2019 karena sudah memasuki hari tenang semua APK harus sudah diturunkan.

"Kalau memang tidak diturunkan akan kami tertibkan sendiri. Karena itu sudah tugas kami mengikuti peraturan yang berlaku," pungkasnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Arie Noer Rachmawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved