JKSN Beberkan Penentu Kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019, Sebut Peran Gubernur Khofifah

Gus Hans beberkan tiga kunci sukses kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

JKSN Beberkan Penentu Kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019, Sebut Peran Gubernur Khofifah
(Surya/Rahadian bagus)
Ketua Dewan Pengarah Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) Khofifah Indar Parawansa di tengah 5000 warga Mataraman dalam acara Deklarasi Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin di GOR Wilis, Selasa (5/2/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG – Sekretaris Jaringan Kiai dan Santri Nasional (JKSN) Zahrul Azhar Asad (Gus Hans) menyebut sedikitnya terdapat tiga faktor penting yang menjadi kunci kemenangan paslon nomoe 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Pertama, dikatakan Gus Hans berdasar hasil kerja Presiden Jokowi yang dirasakan langsung oleh rakyat. Kedua, tangan dingin Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam mengelola situasi yang ada.

“Kemudian yang terakhir atau ketiga, keberadaan Kiai Ma’ruf Amin sendiri sebagai simbol ‘perlawanan’ terhadap kelompok yang selama ini ‘menyerang’ jamiyah NU,” ujar Gus Hans kepada Surya.co.id, saat di Jombang, Kamis (18/4/2019).

TKD Kota Malang Mengklaim Capres dan Cawapres Jokowi-Maruf Amin Unggul 65% Atas Prabowo-Sandiaga

Minimalisir Biaya Politik, PSI Tidak Turunkan Saksi untuk Memantau Perhitungan Suara di Setiap Desa

Gus Hans yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) Jombang ini mengungkapkan, banyak program Jokowi sudah dirasakan langsung oleh rakyat.

Antara lain, pembangunan jalan tol trans Jawa. Dengan akses tersebut bisa memperpendek jarak dari satu kota satu ke kota lainnya.

Kemudian Jokowi sangat memperhatikan desa. Sejak 2015 hingga saat kini telah mengucurkan anggaran untuk DD (Dana Desa) Rp 187 triliun. Kebijakan ini juga bisa langsung dirasakan masyarakat.

Program DD, sambung Gus Hans, nominalnya selalu meningkat setiap tahun dan tepat sasaran. Di antaranya pembangunan infrastruktur desa maupun menggenjot pertumbuhan ekonomi desa.

"Belum lagi program PKH (Program Keluarga Harapan) yang notabene berperan besar dalam menurunkan angka kemiskinan,” ujar Gus Hans.

Faktor lainnya, imbuh Gus Hans, kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin juga tidak lepas dari 'Khofifah effect', yang bisa merangkul semua elemen secara cepat kepada rival-rival politiknya saat Pilgub Jatim yang lalu.

Berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul sementara dari rivalnya, pasangan Prabowo-Sandiaga.

"Di Jatim sendiri, kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin saya prediksi sekitar 65 persen." tegas Gus Hans.

(uto/sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved