Kampus di Surabaya

Alumni FBE Universitas Surabaya Berikan Screening Katarak, Pasien Terpilih akan Dioperasi 22 April

Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya memberikan screening mata gratis untuk masyarakat kurang mampu.

Alumni FBE Universitas Surabaya Berikan Screening Katarak, Pasien Terpilih akan Dioperasi 22 April
SURYA/SULVI SOFIANA
Pemeriksaan mata pada calon pasien operasi katarak yang menjadi program Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (IKA FBE Ubaya) untuk penderita katarak dan masyarakat kurang mampu, Sabtu (20/4/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (IKA FBE Ubaya) memberikan screening mata gratis untuk penderita katarak dan masyarakat kurang mampu.

Tiga ratus calon pasien yang terdaftar mengikuti proses tahapan screening mata di Gedung FF Kampus Ubaya Tenggilis, Sabtu(20/4/2019).

Pasien yang sudah melakukan screening akan menjalankan operasi katarak di Klinik Mata dr Sjamsu. Operasi akan dilaksanakan selama tiga minggu di mulai pada tanggal 22 April 2019.

Henru, pria yang datang dari Sidoarjo mengungkapkan sebelumnya ia diminta melengkapi administrasi identitas diri.

(Kabar Operasi Katarak Ilegal di Puskesmas Sampang, Begini Kata Kepala Dinkes Sampang)

(Surabaya Punya Pengobatan Katarak Berstandar Internasional)

Iapun tak keberatan harus menjalani rangkaian pemeriksaan agar bisa melihat dengan jelas kembali.

“Mata kanan saya buram, selama tiga tahun belum pernah periksa ke dokter karena biaya mahal. Adanya baksos ini sangat membantu kami yang membutuhkan, terlebih lagi kesehatan mata itu penting,” katanya.

Aristyawan, Ketua I IKA FBE Ubaya menjelaskan sebelum dilakukan tahap screening mata, penjaringan calon pasien.

Pasukannya pun mendatangi dinas sosial, yayasan sosial, panti jompo, dan kampung nelayan untuk memberikan informasi adanya program bantuan operasi katarak gratis.

"Kami menyediakan 9 dokter dan 9 paramedis yang membantu proses screening mata. Calon pasien yang memenuhi syarat kesehatan dan layak untuk dioperasi akan diberi kabar  jadwal operasi katarak mata," ucap Aristyawan.

(Menteri Kesehatan Resmikan Si Galih untuk Cegah Penyakit Katarak Secara Dini)

(Surabaya Punya Pengobatan Katarak Berstandar Internasional)

Melalui IKA FBE Ubaya,dikatakannya, alumni berkumpul dengan misi memberdayakan alumni melalui program di bidang kesehatan, pendidikan, dan sosial yang tentunya bermanfaat untuk alumni danmasyarakat luas.

Acara bakti sosial operasi katarak gratis ini, merupakan salah satu program IKA FBE Ubaya bekerjasama dengan Yayasan Suryani Setyadji dan PT Imperium Happy Puppy.

“Jadi tujuan diadakannya acara ini adalah murni untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, khususnya bagi masyarakat penderita katarak,” pungkasnya.

Melalui program bakti sosial ini, ia berharap masyarakat terbantu dan merasakan manfaat dengan mengetahui kondisi mata secara langsung dari tim medis.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved