Pilpres 2019

Tak Cukup Simpan Logistik Pemilu, PPK Waru Lakukan Rekapitulasi Suara dari 4 Kelurahan di Balai Desa

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Waru gelar penghitungan rekapitulasi suara Pemilu 2019, Sabtu (20/4/2019). Real count ini dilakukan di Balai Desa.

Tak Cukup Simpan Logistik Pemilu, PPK Waru Lakukan Rekapitulasi Suara dari 4 Kelurahan di Balai Desa
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
PPK Waru mulai rekapitulasi suara dari 4 kelurahan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Waru gelar penghitungan rekapitulasi suara Pemilu 2019, Sabtu (20/4/2019).

Acara rekapitulasi sendiri digelar di Balai Desa Kureksari, persis bersebelahan dengan Gedung Serba Guna Graha Kencana yang merupakan tempat penyimpanan logistik KPU Sidoarjo.

Ketua PPK Kecamatan Waru, Saiful Arif mengatakan, kantor Kecamatan Waru yang tak mampu dalam menyimpan logistik pemilu menjadi alasan pelaksanaan rekapitulasi di Balai Desa Kureksari.

Daftar Petugas KPPS dan Polisi yang Meninggal Saat Jaga Pemilu 2019, Aiptu Supri Sempat Salat

Ustaz Felix Siauw Komentari Kondisi Sandiaga Uno yang Drop Pasca Pilpres, Warganet Langsung Bereaksi

"Selain itu, andai digelar di kantor kecamatan Waru pun juga tak efisien. Karena semua kotak suara pastinya akan disimpan di gudang logistik KPU. Dan mau tidak mau harus mengambil dulu dari gudang lalu ke kantor kecamatan yang berjarak kurang lebih 1 km. Dan yang menyarankan dan mengarahkan kegiatan rekapitulasi disini adalah dari pihak Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Waru sendiri," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Ia juga menjelaskan, pengaturan ruangan yang digunakan rekapitulasi di Balai Desa Kureksari akan dibagi menggunakan sekat sehingga akan ada empat ruangan.

Empat ruangan tersebut nantinya akan digunakan 4 kelurahan pertama untuk melakukan rapat pleno rekapitulasi.

"Karena Kecamatan Waru ini merupakan wilayah yang besar, sehingga dibuat empat ruangan agar penghitungan tiap kelurahan efisien. Kalau hanya satu ruangan saja maka akan memakan waktu lama. 4 kelurahan yang hari ini melakukan rekapitulasi suara adalah Kelurahan Janti, Wadungasri, Tambak Sumur, dan Kepuh Kiriman," tambahnya.

Amien Rais Klaim Prabowo-Sandi Menang di Jatim, Remaja Jatim: Dia Layak Jadi Tokoh Hoax Nasional

Hasil Real Count Pilpres 2019 versi jurdil2019.org, Prabowo dan Sandiaga Uno Unggul 60,2 Persen?

Terkait antisipasi pelaksanaan rekapitulasi, Saiful mengatakan dari awal sudah menjalin kesepakatan tata tertib bersama dengan saksi dan panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslucam).

"Dalam tata tertib tersebut, kita minta agar hanya ada satu saksi saja yang mewakili di dalam penghitungan rekapitulasi suara. Sementara saksi lainnya bisa menunggu di luar. Tapi kalau saksi di dalam capek, maka bisa diganti dengan saksi lainnya. Tata tertib ini telah disetujui oleh para saksi," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved