Breaking News:

Peduli Kesehatan Wanita, MedicElle Clinic Mengadakan Seminar Awam Kanker Serviks

Acara yang diselenggarakan Sabtu (20/4/2019) di MedicElle Clinic, Jalan Raya Gubeng no 11 Surabaya ini mengundang salah satu dokter spesialis obstetri

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Yoni Iskandar
pipit/Surya
Dokter spesialis obstetri & ginekologi (kebidanan dan kandungan), dr Niken Wening SpOG ketika berbagai ilmu mengenai kanker serviks di MedicElle Clinic, Sabtu (20/4/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Peduli terhadap kesehatan reproduksi, MedicElle Clinic, klinik kesehatan khusus wanita pertama dan satu-satunya di Surabaya, mengadakan seminar awam bertajuk 'Cervival Cancer: Detectable, Preventable, (Un) Treatable'.

Acara yang diselenggarakan Sabtu (20/4/2019) di MedicElle Clinic, Jalan Raya Gubeng no 11 Surabaya ini mengundang salah satu dokter spesialis obstetri & ginekologi (kebidanan dan kandungan), dr Niken Wening SpOG.

Pada kesempatan kali ini, Niken menyampaikan poin-poin seputar kanker serviks, di antaranya mengenai cara mendeteksi dan mencegah kanker serviks, serta pengobatan yang dapat dilakukan.

Puluhan peserta seminar yang didominasi oleh perempuan tampak menyimak dengan saksama. Beberapa di antaranya juga mengajukan pertanyaan seputar penyakit yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim ini.

"Kanker serviks Kanker serviks adalah kanker yang muncul di leher rahim (serviks) yang menghubungkan rahim dan vagina," tutur Niken kepada Tribunjatim.com.

Kanker ini, lanjutnya, dapat disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Virus ini menjangkit delapan dari sepuluh wanita dan pria. Oleh karena itu, penyakit ini tidak bisa dianggap enteng.

Sopir Mengantuk, Bus Peziarah ke Makam Gus Dur Hantam Trailer, Satu Orang Tewas

Hasil Barcelona Vs Sociedad, Barca Tinggal Butuh 2 Kemenangan Tambahan untuk Mengunci Titel La Liga

Berita Terpopuler: Perubahan Penampilan Lina hingga Aty Kodong Ditipu Rp 200 Juta Oleh Calon Suami

"Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah datangnya kanker serviks. Antara lain melakukan konsultasi secara berkala, melakukan vaksinasi, dan menjalani pap smear," tutur Niken kepada Tribunjatim.com.

Ia juga menyarankan para wanita lebih aware untuk mencegah penyakit ini karena menurutnya mencegah lebih baik daripada mengobati.

Vita Kartika, marketing communication MedicElle menuturkan, MedicElle akan secara rutin menggelar seminar-seminar kesehatan.

"Rencana kami, akan ada seminar satu sampai dua bulan sekali. Dokter-dokter MedicElle juga beberapa kali mengisi seminar di berbagai acara," tutur Vita.

Pada kali ini, lanjutnya, MedicElle mengusung tema kanker serviks karena disesuaikan dengan MedicElle yang khusus melayani pasien perempuan.

"Ke depannya, kami akan mengadakan seminar yang general, tidak hanya membahas mengenai penyakit pada wanita. Misalnya pada Bulan Ramadhan nanti kami akan membahas mengenai makanan sehat dan lain sebagainya," tuturnya.

Pipit, salah seorang peserta menuturkan bahwa acara ini sangat bermanfaat sebagai sarana edukasi.

"Bukan hanya bagi kami, para wanita. Seminar mengenai kanker serviks ini juga sebaiknya diikuti oleh para lelaki agar lebih aware. Bagaimana pun, HPV tidak terlepas dari para lelaki. Semoga MedicElle ke depannya tetap menggelar acara seminar kesehatan seperti ini," pungkasnya. (Pipit/TribunJatim.com).

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved