Banyak Daerah Jatim yang Direkomendasikan PSU, Emil Dardak Sebut Pemprov akan Beri Makanan Petugas

Bentuk gotong rotong yang dilakukan di antaranya adalah dengan mengirimkan bantuan makanan gratis bagi para petugas di TPS yang melakukan PSU.

Banyak Daerah Jatim yang Direkomendasikan PSU, Emil Dardak Sebut Pemprov akan Beri Makanan Petugas
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, usai sidang paripurna di DPRD Provinsi Jawa Timur, Senin (22/4/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menyikapi banyaknya daerah di Jawa Timur yang direkomendasikan Bawaslu Jatim agar diajukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, bakal mengusulkan agar Pemprov Jatim ikut bergotong royong melancarkan proses PSU di sejumlah daerah.

Bentuk gotong rotong yang dilakukan di antaranya adalah dengan mengirimkan bantuan makanan gratis bagi para petugas di TPS yang melakukan PSU.

Hal ini menyusul adanya 9 petugas TPS di Jawa Timur yang meninggal dunia saat melakukan tugas dalam Pemilu.

Gubernur Jatim Khofifah Pastikan Pasokan Energi untuk Peluasan Industri di Jatim Cukup

Hari Pertama UNBK SMP, Plt Bupati Trenggalek Gus Ipin Pantau Pelaksanaan Ujian di Tiga Sekolah

"Kita harus menghargai petugas, mereka yang berjuang untuk melakukan penyelenggaraan Pemilu, bahkan tidak tidur, dan ada yang cerita ke saya sampai minum 11 cangkir kopi lho. Jadi saya harap benar-benar dipertimbangkan untuk memutuskan proses di TPS itu dinilai tidak memenuhi syarat dan dilakukan PSU," kata Emil Elestianto Dardak saat diwawancara usai sidang paripurna di DPRD Provinsi Jawa Timur, Senin (22/4/2019). 

Tidak hanya itu, Emil Elestianto Dardak juga meminta agar dalam PSU nanti petugas juga diberikan waktu istirahat yang cukup.

Emil Elestianto Dardak juga meminta agar proses perhitungan tidak dilakukan dengan terburu-buru, dan petugasnya tidak dibuat terburu-buru.

KPU Sumenep Pastikan Logistik PSU di TPS 3 Masalima Pulau Masalembu akan Tiba Hari ini

Tak Harus Hitung Ulang, Bawaslu Surabaya Minta Petugas TPS Cocokkan Form C1 Plano Jika Ada Selisih

Lebih lanjut, Emil Elestianto Dardak mengatakan, pihaknya optimistis pelaksanaan PSU di Jawa Timur kalaupun nanti benar dilakukan, akan berlangsung dengan lancar, dan penyelenggara tidak perlu dibuat alergi untuk PSU serta harus menunjukkan keterbukaan.

"Sejauh ini, kita sudah amati apa yang membuat para petugas sampai kelelahan di beberapa titik hingga menimbulkan petugas sakit dan bahkan hingga menelan korban jiwa. Namun sejauh ini kita belum menerima permintaan bantuan khusus, tapi saya akan coba usulkan ke Bakesbangpol gimana kita bisa gotong royong misalnya membantu makanan untuk suport ke beliau yang bertugas," tegasnya.

KPU Kota Malang Ajukan Coblos Ulang di Dua TPS ke KPU RI, Minta Tambahan Logistik Surat Suara

Saat ini, ada sebanyak 8 TPS yang direkomendasikan PSU oleh Bawaslu Jatim, yaitu di TPS 3 Desa Masalima Kecamatan Masalembu Sumenep, TPS 3 Desa Trapang Kecamatan Banyuates Sampang, TPS 6 Desa Madupat Kecamatan Camplong, Sampang,  TPS 9 Desa Rabesen Kecamatan Camplong Sampang, TPS 1 Desa Awang-awang Mojosari, Kabupaten Mojokerto, TPS 7 Kelurahan Kranggan Kecamatan Kranggan Mojokerto, TPS 10 Desa Dahanrejo Kecamatan Kebomas Gresik, dan TPS 15 Desa Banyoning Laok Kecamatan Geger, Bangkalan. (Surya/Fatimatuz Zahroh)

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved