Peringati Hari Kartini, Siswa SMAN 19 Latihan Public Speaking di Acara Wardah Bright Days 2019

Memasuki masa SMA menjadi masa peralihan siswa untuk bersiap terjun ke masyarakat. Untuk itu pembekalan soft skill berupa publik speaking.

Peringati Hari Kartini, Siswa SMAN 19 Latihan Public Speaking di Acara Wardah Bright Days 2019
SURYA.CO.ID/SULVI SOFIANA
Siswa SMAN 19 Surabaya mengikuti berbagai kompetisi pada "Wardah Bright Days 2019", Senin (22/4/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Memasuki masa SMA menjadi masa peralihan siswa untuk bersiap terjun ke masyarakat. Untuk itu pembekalan soft skill berupa publik speaking sangat dibutuhkan para siswa.

Putjok Rizaldy, dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga mengungkapkan permasalahan kerap muncul di usia remaja ini saat mereka bicara di depan publik. Untuk itu perlu pembekalan memberikan trik dan tips etika dalam bicara di depan publik.

"Saya lihat siswa-siswa ini, 20 persen berani sisanya malu-malu, karena budaya public speaking masih kurang. Mereka harus banyak latihan juga," ujar Putjok dalam seminar Public Speaking sebagai rangkaian Wardah Bright Days 2019 di SMAN 19 Surabaya, Senin (22/4/2019).

UNBK Dinilai Lebih Ekonomis dan Praktis, 6.662 Siswa SMP dan MTs di Kota Kediri Ikuti Ujian Hari Ini

Viral di Media Sosial Video Penangkapan Buaya, Warga Temukan Potongan Tubuh Manusia dalam Perutnya

Untuk melatih publik speaking siswa menurutnya siswa perlu latihan dalam penentuan gesture, penentuan bahasa, konten, penguasaan audiense dan penguasaan materi.

"Teknik presentasi dan berbicara di depan publik sangat penting, apalagi wajtu kukiah bersosialisasi dan berbicara dengan publik. Latihan paling simple mereka cerita pengalaman hari kartini mereka dan pengalaman mereka sekolah di sini. Eksplorenya harus lebih banyak,"lanjutnya.

Siswa SMAN 19 Surabaya mengikuti berbagai kompetisi pada
Siswa SMAN 19 Surabaya mengikuti berbagai kompetisi pada "Wardah Bright Days 2019", Senin (22/4/2019). Beraneka kegiatan untuk dilakukan untuk meningkatkan kemampuan soft skills siswa dan guru, dan beberapa diantaranya seminar, lomba juga perawatan diri. (SURYA.CO.ID/SULVI SOFIANA)

Meica Fatikha, Wardah Beauty Agent mengungkapkan timnya sengaja datang dalam momen peringatan haru kartini di SMAN 19 Surabaya.

Selain untuk memberikan pembekalan softskill, kegiatan Wardah juga meramaikan pemilihan Kartini Berbakat dan Kartono Cerdas di sekolah yang berada di kawasan Tanah Kali Kedinding ini.

"Acara ini dikhususkan untuk kampus dan sekolah yang ada di Surabaya, sebelumnya ada di ITS dan Unair. Kami sediakan booth yabg sangat cocok ubtuk remaja, mulai dari pemeriksaan wajah hingga rekomendasi produk,"ujarnya.

Tak lupa selain membekali softskill, para guru dan siswi juga diajarkan cara merawat wajah dengan benar.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved