Server Eror, Pelaksanaan UNBK di SMPN 8 Kota Mojokerto Molor Berjam-Jam, Peserta Tak Bisa Login

Hari pertama pelaksaanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) server pusat mengalami gangguan. Seperti yang terjadi SMPN 8 Kota Mojokerto.

Server Eror, Pelaksanaan UNBK di SMPN 8 Kota Mojokerto Molor Berjam-Jam, Peserta Tak Bisa Login
SURYA.CO.ID/DANENDRA KUSUMA
Ilustrasi pelaksanaan UNBK di Mojokerto 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Hari pertama pelaksaanan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) server pusat mengalami gangguan. Seperti yang terjadi SMPN 8 Kota Mojokerto.

Kepala sekolah SMPN 8 Kota Mojokerto, Gusti Udijani Dalem mengatakan gangguan itu yakni tidak munculnya token. Sehingga peserta UNBK tak bisa login.

"Token tidak muncul. Ini gangguan dari server pusat," katanya saat ditemui di ruang kerjanya Senin (22/4/2019).

Akibat gangguan ini, lanjut Udijani, jadwal UNBK otomatis molor. Para siswa harus menunggu beberapa jam untuk bisa mengerjakan soal-soal UNBK.

Kasus Siswi Dibakar Hidup-hidup Akibat Laporkan Pelecehan Seksual Kepsek, Pesan Terakhirnya Viral

Anies Baswedan Tanggapi Pertanyaan Baliknya Sandiaga Uno Jadi Wagub DKI Jakarta, Sebut Soal Jebakan

Sementara, karena jumlah laptop terbatas, pelaksanaan UNBK di SMPN 8 Kota Mojokerto dibagi 3 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, sesi 2 10.30-12.30 WIB dan sesi 3 14.00-16.00 WIB.

Jumlah siswa SMPN 8 Kota Mojokerto yang mengikuti UNBK berjumlah 182 siswa. Pelaksanaan UNBK di SMPN 8 digelar di 2 ruangan. Ruangan 1 berisi 36 siswa, ruangan 2 diisi 24 hingga 25 siswa.

"Tadi telat, sesi ke 2 mengalami keterlambatan. Sesi ke 2 baru 11.30-13.30 WIB. Sesi 3 juga mengalami keterlambatan. Kendati begitu keterlambatan ini tak mengurangi waktu mengerjakan UNBK, karena waktu ikut server pusat. Selesai login waktu tetap terhitung 120 menit," katanya.

Pelaksanaan UNBK sesi 3 baru dimulai sekitar pukul 15.00 WIB.

Untuk mengatasi keterlambatan itu, Udijani menyediakan kelas untuk beristirahat untuk para siswa. Hal itu dipersiapkan agar mental para siswa saat menghadapi UNBK tidak turun dan tidak lelah.

"Kami mempersiapkan ruang istirahat dan belajat. Saya juga menyarankan agar para siswa berdoa sembari menunggu token UNBK muncul. Sebelumnya Pemerintah Kota Mojokerto menggelar 6 kali try out untuk mempersiapkan anak-anak dalam menghadapi UNBK," terangnya.

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Setelah Konsumsi Micin, Ternyata Pengaruhi Sel Saraf Otak Juga

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, Amin Wachid mengatakan, pemerintah bakal menambah laptop untuk pelaksanaan UNBK. Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan UNBK bisa digelar 1 sesi.

"Kami akan terus menambah jumlah laptop untuk pelaksanaan UNBK," katanya saat dihubungi Surya.

Amin juga membenarkan ada gangguan di sesi ke 2 pelaksanaan UNBK. Gangguan itu yakni tidak munculnya token UNBK. Selebihnya, pelaksanaan UNBK di Kota Mojokerto lancar dari segi jaringan dan listrik.

"Gangguan ini merata di setiap sekolah. Tidak munculnya token UNBK, merupakan gangguan dari server pusat. Gangguan ini terjadi pada sesi ke 2 dan 3, sehingga pelaksanaan UNBK molor sekitar 30 menit," pungkasnya.

Jumlah siswa SMP dan MTs yang mengikuti UNBK di Kota Mojokerto 3.117 siswa. Pelaksanaan UNBK jenjang SMP digelar tanggal 22 April sampai 25 April 2019

Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved