Kembalikan Uang Kerugian Negara, Mantan Kadispora Gresik Hanya Dituntut 16 Bulan Penjara

Terdakwa mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga (Kadispora) Gresik, Jairuddin dituntut hukuman selama 12 bulan. Terdakwa juga diminta membayar den

Kembalikan Uang Kerugian Negara, Mantan Kadispora Gresik Hanya Dituntut 16 Bulan Penjara
Istimewa
Mantan Kepala Dispora Gresik Jairrudin ditahan penyidik kejari Gresik, Senin (3/12/2018) 

 TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Terdakwa mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga (Kadispora) Gresik, Jairuddin dituntut hukuman selama 12 bulan. Terdakwa juga diminta membayar denda sebesar Rp 50 Juta subsider 1 bulan penjara.

Kasi Pidsus Kejari Gresik, Andrie Dwi Subianto, mengatakan berkas tuntutan hukuman ringan tersebut dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang yang majelis hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Surabaya yang diketahui Rahmat.

Dalam tuntutan tersebut, jaksa menilai bahwa terdakwa Jairuddin dituntut melanggar pasal 3 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2011 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi memotong anggaran sebesar 5 persen pada anggaran car free day 2017 dan kegiatan paskibraka," kata Andrei, Senin (22/4/2019).

Oleh karena itu, menuntut hukuman terhadap terdakwa Jairuddin dengan hukum penjara selama 16 bulan.

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting Ditargetkan Tembus Semifinal Kejuaraan Asia 2019

Wawancara Eksklusif Bersama La Nyalla: Optimistis Lolos DPD RI Hingga Isu Potong Leher

Hari Pertama UNBK SMP di Tulungagung Diwarnai Kerusakan Server, Siswa Diikutkan Ujian Susulan

"Menuntut hukuman terdakwa Jairuddin dengan hukuman penjara selama satu tahun penjara dan empat bulan penjara. Terdakwa harus mengembalikan uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 103,360 Juta," katanya.

Dari tuntutan tersebut, terdakwa Jaidruddin hanya bisa diam dengan didampingi kuasa hukumnya. Sebab, sidang berikutnya dengan agenda pembelaan dari kuasa hukumnya.

Diketahui, terdakwa Jaidruddin ditetapkan tersangka atas dugaan korupsi oleh tim penyidik Kejari Gresik menggeledah kantor Dispora Kabupaten Gresik yang ada di area Gelora Joko Samudro pada Kamis (6/9/2019). (Sugiyono/TribunJatim.com).

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved