Perjuangan Siswa Berkebutuhan Khusus Mengikuti UNBK di Kota Kediri, Begini Caranya Kerjakan Ujian

Tiga siswa yang berkebutuhan khusus mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri.

Perjuangan Siswa Berkebutuhan Khusus Mengikuti UNBK di Kota Kediri, Begini Caranya Kerjakan Ujian
SURYA.CO.ID/M TAUFIK
Ilustrasi UNBK 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Tiga siswa yang berkebutuhan khusus mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri.

Ketiga siswa ini mengikuti UNBK bersama 160 anak normal lainnya.

Drs Ludi Jantono, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kota Kediri menjelaskan, satu siswa berkebutuhan khusus karena mengalami gangguan penglihatan dan dua siswa autis.

Kasus Siswi Dibakar Hidup-hidup Akibat Laporkan Pelecehan Seksual Kepsek, Pesan Terakhirnya Viral

"Insya Allah untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus soalnya sama tidak ada perbedaan. Anak berkebutuhan khusus sudah kita bekali untuk mengikuti UNBK," jelas Drs Ludi Jantono, Selasa (23/4/2019).

Termasuk materi soal yang diujikan standarnya juga sama dengan anak-anak lainnya yang normal.

"Sejauh ini tidak ada kendala selama anak yang berkebutuhan khusus mengikuti UNBK. Petugas pengawas ujian yang memberikan pendampingan seperti membantu membuka dan menghidupkan laptop," jelasnya.

Diungkapkan, satu anak berkebutuhan khusus dalam penglihatan karena menderita katarak. Sehingga untuk mengerjakan soal harus mendekat ke layar monitor dan membawa kaca pembesar.

"Dalam keseharian memang seperti itu. Tapi selalu didampingi oleh teman sebangku untuk mengikuti pelajaran setiap hari," jelasnya.

Heboh Foto Bayi Mirip Capres 02 Prabowo Subianto Viral di Media Sosial, Banjir Komentar para Netter

Sedangkan dua anak berkebutuhan khusus lainnya mengalami autis. Selama ini pihak sekolah telah memberikan pendampingan dari guru Bimbingan dan Konseling (BK).

Saat dilakukan simulasi untuk mengikuti UNBK memang ditemukan sejumlah kendala. Namun sering dilakukan latihan sehingga telah terampil mengoperasikan komputer.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved