Pilpres 2019

Komisoner KPU Tinjau Langsung Pelaksanaan PSU Lowokwaru Kota Malang

Tiga TPS di Kota Malang melaksanakan pemungutan suara ulang, Kamis (25/4/2019). Salah satunya adalah TPS 14 di Kelurahan Penanggungan, Lowokwaru, Kota

Komisoner KPU Tinjau Langsung Pelaksanaan PSU Lowokwaru Kota Malang
Benni Indo/Surya
Pelaksanaan PSU di TPS 14 Penanggungan, Lowokwaru, Kota Malang, Kamis (25/4/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Tiga TPS di Kota Malang melaksanakan pemungutan suara ulang, Kamis (25/4/2019). Salah satunya adalah TPS 14 di Kelurahan Penanggungan, Lowokwaru, Kota Malang.

Pantauan Surya di lokasi, pelaksanaan PSU di TPS 14 berjalan lancar. Sejak pukul 7 pagi, panitia telah menyiapkan segala peralatan untuk pemungutan suara.

Di TPS 14 juga terdapat komisioner KPU Kota Malang yang memantau langsung pelaksanaan PSU. Komisioner Divisi Hukum Fajar Santoso hadir memantau langsung pelaksanaan PSU.

"Sejauh ini tidak ada kendala. Kami ingin memberi dukungan ke teman-teman PPS. Ini bagian dari tanggungjawab untuk memastikan segala proses PSU ini berjalan lancar," kata Fajar di lokasi kepada Tribunjatim.com, Kamis (25/4/2019).

Kata Fajar, semua komisoner KPU Kota Malang berada di TPS yang melakukan PSU. Di TPS 14, selain Fajar juga ada Aminah Asminingtyas.

"Bu Aminah masih jemput anaknya ke sekolah," terang Fajar kepada Tribunjatim.com.

Jessica Milla dan Al Ghazali Lagi Kasmaran

Tujuh PPK Kabupaten Tulungagung Telah Selesaikan Rekapitulasi, 12 Lainnya Dalam Proses

Update Pagi ini, Situng KPU : Jokowi-Maruf 55,80 Persen, Prabowo-Sandiaga 44,20 Persen

Menurut Fajar, panitia patut diberikan dukungan sebab dimungkinkan kondisi psikologis petugas masih terbebani. Kehadiran komisioner ini juga sebagai bahan keterangan jika nantinya ada stakeholder yang mempertanyakan jalannya PSU.

"Karena di sini PSU, jadi mungkin saja mereka berpikir oh ternyata ada yang salah kemarin. Jadi secara mental ada yang dipikirkan," imbuhnya kepada Tribunjatim.com.

Di TPS 14, menjalankan pemilihan presiden dan DPD RI. Ada 266 pemilih di daftar pemilih tetap (DPT).

Ada 274 surat suara yang disediakan oleh panitia. Hingga pukul 8.30, ada sekitar 40 pemilih yang mendatangai TPS 14.

Setelah pemilihan, akan dilakukan penghitungan suara. Setelah itu, dikirim langsung ke tingkat kecamatan di hari yang sama. Kata Fajar, sisa kotak suara dari TPS 14 yang saat ini berada di tingkat kecamatan belum dibuka.

"Menunggu kotak suara dari sini," paparnya kepada Tribunjatim.com.

Sekadar informasi, ada tiga TPS di Kota Malang yang melaksanakan PSU. Ketiganya itu adalah TPS 9 di Bunulrejo, TPS 17 di Sukoharjo dan TPS 14 di Penanggungan.

TPS 9 melaksanakan pemilihan DPR Provinsi dan Kota. Jumlahnya ada 195 pemilih DPT. Di TPS 17, pemilihan presiden dan wakil, DPR RI, Provinsi dan Kota. Dengan jumlah pemilih 262.

Sementara TPS 14, untuk pemilihan presiden dan wakil serta DPD dengan 266 pemilih. Dari masing-masing jumlah DPT, ditambah 2 persen untuk memfasilitasi DPTb dan DPK. (Benni Indo/TribunJatim.com).

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved