650 Bus dan 150 Kereta Siap Layani Mudik Gratis Masyarakat Jawa Timur, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pemprov Jatim ingin memastikan seluruh warga masyarakatnya bisa berkumpul dengan keluarga tercintanya di Hari Raya Idul Fitri Juni 2019 mendatang.

650 Bus dan 150 Kereta Siap Layani Mudik Gratis Masyarakat Jawa Timur, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
SURYA.CO.ID/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Dinas Perhubungan Fattah Jasin, plt Bupati Malang Sanusi, Wali Kota Malang Setiadji, Walikota Batu Dewanti Rumpoko dan jajaran, meninjau kondisi Bandara Abdurrahman Saleh Kabupaten Malang dalam rangka percepatan naik status sebagai bandara internasional. Untuk itu, pagi ini, Selasa (26/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemprov Jatim ingin memastikan seluruh warga masyarakatnya bisa berkumpul dengan keluarga tercintanya di Hari Raya Idul Fitri bulan Juni 2019 mendatang.

Oleh sebab itu, Pemprov Jatim kembali menyediakan program mudik gratis dengan melayani berbagai rute menuju seluruh daerah di Jawa Timur.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Fattah Jasin mengatakan setidaknya ada 650 unit bus dan 150 kereta yang siap mengantarkan para pemudik gratis pulang kampung ke daerahnya masing-masing. Bahkan saat ini pendaftaran onlinennya sudah dibuka.

Besok Pendaftaran Mudik Gratis Dishub Jatim Dibuka, Berikut Tujuan dan Tanggal Keberangkatannya

"Sekarang sudah bisa daftar untuk mudik gratis. Pendaftarannya via online di https://mudikgratis.dishub. jatimprov.go.id/home. Cukup mengisi form yang ada dan mengisi data yang dibutuhkan," kata Fattah, Jumat (26/4/2019).

Lebih lanjut, selain mengisi form online, namun Dishub Jatim juga mensyaratkan untuk verifikasi data fisik. Yaitu dengan menunjukkan KTP untuk calon peserta mudik gratis perorangan. Dan jika rombongan keluarga bisa dilakukan menggunakan Kartu Keluarga.

Hal ini dilakukan agar tidak ada peserta nakal yang melakukan pendaftaran secara blocking banyak kursi namun di hari H ternyata tidak datang. Sehingga harus dilakukan verifikasi fisik.

"Selain pendfataran online juga ada pendaftaran offline, manual. Tapi nanti di akhir," katanya.

Pelindo III Siapkan 17.500 Tiket Kapal Laut dan Bus Gratis Untuk Mudik Lebaran, Cek Pendaftarannya 

Leboh lanjut untuk bus dan kereta akan diberangkatkan mudik gratisnya  tanggal 1 dan 2 Juni. Setidaknya akan ada 100 ribu pemudik yang akan bisa dilayani dengan bis. Sedangkan untuk kereta bisa lebih banyak lagi.

"Kalau ada pemudik yang ingin membawa kendaraan seperti sepeda motor kita juga layani. Mereka bisa sekligus mengisi di form yang sama," kata Fattah. "Lalu sepeda motornya akan kita berangkatkan dengan menggunakan truk sehari sebelum orangnya berangkat," imbuhnya.

Untuk rute jalur darat ini akan melayani seluruh wilayah Jawa Timur. Mulai Mojokerto, Madiun, Pacitan, Ngawi, Blitar, Tulungagung, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved