Ada Gelombang Atmosfer MJO, Terjadi Hujan Lebat dan Gelombang Laut Setinggi 4 Meter Hingga Awal Mei

Ada Gelombang Atmosfer MJO, Terjadi Hujan Lebat dan Gelombang Laut Setinggi 4 Meter Hingga Awal Mei.

Ada Gelombang Atmosfer MJO, Terjadi Hujan Lebat dan Gelombang Laut Setinggi 4 Meter Hingga Awal Mei
ISTIMEWA
Ilustrasi cuaca buruk 

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis adanya aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO), yang turut berperan dalam meningkatkan suplai massa udara basah di sebagian besar wilayah Indonesia.

Pusaran angin juga teridentifikasi di sekitar Laut Sulawesi, Selat Makassar, Kalimantan Barat dan Laut Cina Selatan, Utara Kalimantan yang dapat menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Indonesia bagian barat dan tengah.

 

Cuaca ekstrem berupa hujan lebat pun diprediksi akan terjadi mulai akhir April hingga awal Mei mendatang.

"Data dari BMKG diprediksi potensi cuaca ekstrem hujan lebat terjadi mulai hari ini, Minggu 28 april hingga 2 Mei 2019," Kata Kepala kelompok observasi dan teknisi BMKG Tuban, Andrie Wijaya dikonfirmasi prediksi cuaca tersebut, Minggu (28/4/2019).

Jenderal Polisi Viralkan Video Cewek Ngomel Gegara Kehabiskan Tiket Avengers, Endingnya Diblokir?

Dia menjelaskan, potensi hujan lebat yang diprediksi terjadi beberapa hari ke depan itu akan menerjang sejumlah daerah.

Di antaranya Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Potensi hujan lebat rata terjadi di sejumlah provinsi, dan beberapa hari tentunya," Ujarnya.

Selain dampak hujan, gelombang laut dengan ketinggian 4 meter juga diprediksi terjadi.

Untuk gelombang laut sudah terjadi mulai 25 April dan akan berakhir 2 Mei mendatang, bersamaan dengan prediksi hujan lebat.

Wilayah yang terjadi gelombang yaitu perairan barat Sabang - Banda Aceh, Perairan barat Aceh, Perairan barat P. Simeulue hingga Kep. Mentawai, Perairan Enggano, Samudra Hindia barat Sumatra, Perairan selatan Jawa hingga P. Sumba, Selat Bali - Selat Lombok - Selat Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa hingga Bali selatan NTT, Samudra Pasifik utara Papua.

"Ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter-4 meter. Kita imbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," Pungkasnya.

Penulis: M Sudarsono
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved