Kampus di Surabaya

Mahasiswa UKM Tari STIE Perbanas Surabaya Tampilkan Kisah Pasukan Mongol ke Kerajaan Singosari

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari SRIE Perbanas kembali mengenalkan sejarah melalui pertunjukan Pagelaran Sendratari 2019.

Mahasiswa UKM Tari STIE Perbanas Surabaya Tampilkan Kisah Pasukan Mongol ke Kerajaan Singosari
Istimewa
Pagelaran Sendratari 2019, Kidung Gayatri Rajapatni yang diperankan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari STIE Perbanas pada Selasa (30/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari SRIE Perbanas kembali mengenalkan sejarah melalui pertunjukan Pagelaran Sendratari 2019.

Sebanyak 20 penari menampilkan pagelaran sendratari berjudul Kidung Gayatri Rajapatni.

Acara yang digelar di Auditorium I STIE Perbanas itu ditujukan untuk mengajak millenial mengenal sejarah melalui pelestarian seni tari tradisional Indonesia.

"Kami menggelar ini sebagai wadah generasi muda khususnya para pelajar dan mahasiswa untuk ikut melestarikan tarian tradisional Indonesia," kata Ketua Pagelaran Alif Kurnisafitri, Selasa (30/4/2019).

(Pemilihan Duta Kampus STIE Perbanas, Cetak Mahasiswa Untuk Ajang Putra-Putri Perwakilan Daerah)

(UKM Tari STIE Perbanas Gelar Lomba Tradisional-Modern Dance, Usung Lagu Tema 90an)

Gelaran dengan judul Kidung Gayatri Rajapatni dipilihnya sebagai episode kebesaran Kerajaan Majapahit.

"Kami ingin mengebalkan dan mengingatkan kepada generasi muda tentang sejarah bersatunya nusantara di Indonesia," katanya.

Acara yang digelar kali ketiga setiap tahunnya ini memiliki episode-episode berbeda. Kali ini bercerita tentang kejayaan Kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Gayatri Rajapatni.

Kisah penyerangan Kerajaan Singasari, datangnya pasukan Mongol di tanah Jawa yang kemudian penyelamatan Gayatri oleh Raden Wijaya.

Singkat cerita, terbentuklah kerajaan Majapahit yang nama tersebut berasal dari buah maja dengan rasa pahit yang ditemukan Raden Wijaya dan pasukan.

Halaman
12
Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved