Gubernur Jatim Khofifah Tinjau Langsung Harga Bahan Pokok di Pasar, Harga Bawang Putih Paling Mahal

Jelang bulan Ramadhan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memantau harga bahan pokok di Pasar Wadung Asri Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

Gubernur Jatim Khofifah Tinjau Langsung Harga Bahan Pokok di Pasar, Harga Bawang Putih Paling Mahal
SURYA.CO.ID/FATIMATUZ ZAHROH
Jelang bulan Ramadhan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau harga bahan pokok di Pasar Wadung Asri Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, Rabu (1/5/2019) pagi. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Jelang bulan Ramadhan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memantau harga bahan pokok di Pasar Wadung Asri Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, Rabu (1/5/2019) pagi.

Khofifah keliling pasar dan memantau pergerakan harga aneka bahan pokok langsung ke para pedagang di stan-stan Pasar Wadung Asri.

Para pedagang menyampaikan pada Gubernur Jatim Khofifah bahwa ada sejumlah komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan. Terutama adalag bawang putih.

Jelang Bulan Puasa Ramadan, Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Jember Dijual Rp 44 Ribu Per Kg

Saat ini harga bawang putih di Pasar Wadung Asri untuk jenis cutting mencapai Rp 58 ribu per kilogramnya  Padahal normalnya bawang putih cutting hanya Rp 21 ribu hingga Rp 22 ribu per kilogramnya.

"Sedangkan bawang putih untuk jenis sincu sekarang harganya Rp 48 ribu per kilogramnya. Padahal normalnta hanya Rp 15 ribu hingga Rp 16 ribu perkilogramnya," kata Tina, pedagang sembako di pasar Wadung Asri.

Selain itu yang juga mengalami kenaikan adalah harga gula. Yang normanya sekitar Rp 10.000 per kilogram saat ini menjadi Rp 11.500 per kilogram hingga Rp 12.000 per kilogram.

Seminggu Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Pasar Kepanjen Malang Mulai Meroket, Berikut Harganya

Harga telur ayam juga mengalami kenaikan. Yang mulnya normal Rp 21.000 per kilogram saat ini menjadi Rp 25 ribu perkilogramnya.

Sedangkan untuk bawang merah juga sekarang masih belum normal dengan harga Rp 30 ribu per kilogramnya setelah sebelumnya melejit sampai Rp 40 ribu per kilogram. Padahal normalnya hanya Rp 12 ribu perkilogramnya.

Untuk harga cabai, yang naik adalah jenis cabai merah. Yang naik menjadi Rp 25 ribu per kilogram padahal normalnya Rp 21 ribu per kilogramnya.

"Tahun lalu sebelum ramadhan tidak ada kenaikan seperti sekarang. Yang terasa parah adalah bawang putih, harganya naik, tapi stoknya juga susah," kata Tina pada Khofifah.

Harga Bawang Putih Cenderung Naik Jelang Ramadhan, Pemerintah Tunggu Impor untuk Stabilkan Harga

Setiap stan pedagang pasar didatangi Khofifah dan diajak berdialog tentang dinamika harga bahan pokok jelang bulan Ramadhan.

"Yang naik memang beberapa komoditas. Beras cenderung turun harganya. Kalau yang naik drastis memang bawang putih dan bawang merah. Over all suplainya cukup, kecuali bawang putih, jadi kita memang harus mendatangkan suplainya," kata Khofifah.

Saat ini Gubernur Jatim Khofifah masih keliling Pasar Wadung Asri Waru. Peninjauan pasar ini ia lakukan untuk memantau harga komoditas bahan pokok di pasar tradisional dan mendengarkan aspirasi pedagang.

(fz/fatimatuz zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved