May Day 2019

Rayakan May Day, Buruh di Kabupaten Madiun Pilih Kerja Bakti dan Bakti Sosial

Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), menghadiri acara silaturahmi yang digagas Polres Madiun, dan dihadiri Kepala Disnakertrans Madiun

Rayakan May Day, Buruh di Kabupaten Madiun Pilih Kerja Bakti dan Bakti Sosial
SURYA/RAHADIAN BAGUS
Polres Madiun menggelar silaturahmi dengan serikat pekerja dan serikat buruh di Kabupaten Madiun pada Selasa (30/4/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Para Buruh di Madiun bersiap merayakan Hari Buruh alias May Day yang jatuh pada Rabu (1/5/2019) ini.

Bukan Demo yang mereka siapkan, sejumlah buruh yang tergabung di dalam serikat buruh dan pekerja di Kabupaten Madiun berencanan mengadakan bakti sosial.

Ada pula kegiatan kerja bakti di perusahaan tempat mereka bekerja masing-masing.

Hal itu disampaikan ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Sumade saat menghadiri acara silaturahmi yang digagas Polres Madiun, dan dihadiri Kepala Disnakertrans Kabupaten Madiun.

(May Day di Jatim Bakal Diisi Syukuran dan Istighosah, Gubernur Khofifah: Besok Kita Megengan Bersama)

(Pengamanan May Day, Dishub Kota Surabaya Antisipasi Kemacetan, Siaga Rambu hingga Pengaturan Parkir)

"Kami tidak mengagendakan untuk mengadakan unjuk rasa. Untuk para buruh yang tergabung di dalam SPSI, kami melakukan kegiatan di lingkungan masing-masing, jadi tidak keluar dari perusahaan," katanya, Selasa (30/4/2019).

tuntutan buruh yang tergabung dalam SPSI di Kabuoaten selama ini disampiakan melalui dialog, dengan para pengusaha.

Menurut Sumade, setiap tuntutan dan sesuatu yang ingin dicapai tidak harus dengan demo, tetapi dilakukan melalui dialog dengan Disnakertrans dan perusahan temapat mereka bekerja.

"Jadi khusus untuk SPSI, tahun ini kegiatan dilakukan di dalam perusahaan masing-masing. Karena ini juga bersamaan dengan Pemilu, apalagi penghitungan baru selesai 22 Mei," katanya.

Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, selain silaturahmi kegiatan siang itu juga merupakan konsolidasi dalam rangka Hari Buruh Sedunia.

"Acara ini adalah acara silaturahmi dengan teman-teman serikat buruh dan serikat pekerja SPSI, dan yang kedua adalah konsolidasi dalam rangka hari Buruh Sedunia yang akan dilaksanakn besok," kata Ruruh.

(10 Ribu Buruh dari FSPMI se Jatim Dijadwalkan Bakal Berkumpul di Grahadi untuk Aksi May Day 2019)

(Sudah Dirumuskan, Berikut Tuntutan Serikat Buruh yang Bakal Disampaikan Saat Aksi May Day)

Dia menuturkan, sesuai dengan yang disampaikan oleh Ketua SPSI Kabupaten Madiun, untuk menghormati proses tahapan pemilu dan pilpres, kegiatan May Day akan dilakukan di perusahaan masing-masing.

"Ini adalah bagian dari menghormati proses tahapan pemilu dan pilpres yang masing-masing berlangsung, hari ini di Kabupaten Madiun, hari ini hari kedua dilakukan rapat pleno di KPUD. Makanya kegiatan dilakukan dalam bentuk kerja bakti, dan bakti sosial,"imbuhnya.

Dia menambahkan, dalam acara silaturahmi yang digagas oleh Polres Madiun dihadiri 25 serikat buruh dan serikat pekerja.

Reporter: Surya/Rahadian Bagus

(May Day di Jatim Bakal Diisi Syukuran dan Istighosah, Gubernur Khofifah: Besok Kita Megengan Bersama)

(Pengamanan May Day, Dishub Kota Surabaya Antisipasi Kemacetan, Siaga Rambu hingga Pengaturan Parkir)

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved