Peralihan Musim Kemarau, Ketua BPBD Sumenep Sebut Beberapa Daerah Pedesaan Ini Akan Alami Kekeringan

Kepala BPBD Suemenep mengatakan peralihan musim hujan ke musim kemarau annti akan ada beberapa daerah yang alami kekeringan.

Peralihan Musim Kemarau, Ketua BPBD Sumenep Sebut Beberapa Daerah Pedesaan Ini Akan Alami Kekeringan
SERAMBI/BEDU SAINI
Ilustrasi 

TRIBUNJATIM.COM, SUMENEP - Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep Abd. Rahman Riyadi mengatakan, bahwa peralihan musim hujan ke musim kemarau nanti sudah diprediksi ada daerah yang mengalami kekeringan, Kamis (2/5/2019).

"Sebentara lagi memasuki musim kemarau, dan pada musim kemarau nanti rata rata air mengalami kekeringan, baik kering kritis, langka dan terbatas," kata Abd. Rahman Riyadi pada TribunMadura.com.

Menurutnya, daerah yang sudah diprediksi akan mengalami kekeringan itu diantara satu di antaranya Kecamatan Pasongsongan, Bluto dan Batuputih.

Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Desa, Polres Sumenep akan Cek Realisasi Program di 19 Desa

4 Kecamatan di Kepulauan Belum Kembalikan Logistik Pemilu, Proses Rekapitulasi Sumenep Tetap Jalan

"Kami mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan air secara efektif, khususnya di pedesaan yang biasanya mengalami kekeringan itu," paparnya.

Selain itu kata dia, warga dihimbau untuk melakukan penghijauan di daerah-daerah yang gundul, hal itu mengantisipasi sesuatu yang tak diinginkan terjadi.

Untuk bisa mengurangi kekeringan di setiap daerah tertentu katanya, warga harus memanfaatkam air embung di setiap daerah.

"Itu harus dimanfaatkan," harapnya.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Melia Luthfi Husnika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved