Peringatan Hardiknas di Kota Batu Dimeriahkan Tarian Swarna Cipta Bakti

Sebanyak 3030 siswa Kota Batu secara bergantian memenuhi lapangan Stadion Brantas, Kamis (2/5/2019).

Peringatan  Hardiknas di Kota Batu Dimeriahkan Tarian Swarna Cipta Bakti
sany eka/surya
Pembacaan puisi oleh salah satu siswa dalam peringatan Hardiknas di Stadion Brantas Kota Batu, Kamis (2/5). 

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Sebanyak 3030 siswa Kota Batu secara bergantian memenuhi lapangan Stadion Brantas, Kamis (2/5/2019).

Mereka siswa mulai dari Paud, SD, SMP menarikan tarian kolosal dengan tema Swarna Cipta Bakti dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei. Tentunya pertunjukan tarian ini mengundang tepuk tangan dari penonton.

Penonton yang terdiri dari Forkopimda, dan siswa se Kota Batu ini menyaksikan dari awal sampai akhir pertunjukan tarian kolosal ini. Tidak ingin ketinggalan para Forkopimda juga ikut turun dan menari ditengah-tengah peserta tarian kolosal.

Selain itu, satu siswa SDN Ngaglik 1 Aninsya Parasmay Putri ikut membacakan puisi. Puisi itu isinya Untukmu Negeri, Untukmu Bangsaku, Untukmu Kotaku Tercinta. Raras juga merupakan anak ketiga dari Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Yang menjadi perhatian adalah Raras membaca puisi di atas buku raksasa. Tarian kolosal ini dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Winarto selaku koreografer tarian kolosal mengatakan tema ini memiliki arti satu tujuan impian, serta menceritakan dan menyadarkan kepada setiap orang bahwa sekolah itu sangat penting.

Tarian yang dilakukan dengan membawa buku berukuran besar ini juga agar siswa menyelesaikan sekolah sampai tuntas.

"Anak-anak di Kota Batu harus mendapatkan pendidikan yang layak. Oleh karena itu maknanya ditunjukkan dalam tarian ini," kata Winarto kepada Tribunjatim.com.

Peserta tarian kolosal ini memakai pakaian berbeda-beda, mulai kostum seperti sapi, lalu pakaian dengan kain kombinasi warna kuning, merah, hijau. Dilengkapi topi dan juga buku ukuran besar berwarna merah.

"Untuk mempersiapkan tarian kolosal ini butuh waktu sekitar dua bulan," imbuhnya kepada Tribunjatim.com.

Aksi Coret-coret & Konvoi Puluhan Siswa SMA Ganggu Pengguna Jalan, Ditangkap Polres Lamongan

Komunitas MMBI Cat Kembali Jembatan Splendid yang Dicoreti Akibat Aksi Vandalisme Saat May Day

Ahsan/Hendra Melaju ke Perempat Final New Zealand Open 2019 dalam 29 Menit

Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional ini Pemkot Batu juga mendukung program literasi dengan adanya Perwali nomor 93 tahun 2018 tentang Literasi.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, dengan perwali ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Batu.

"Kami dukung untuk guru di sekolah agar mau menciptakan suasana yang menarik agar siswanya suka membaca," kata Dewanti. (Sun/TribunJatim.com).

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved