Rumah Politik Jatim

Puti Cucu Soekarno Berhasil Lampaui Caleg PKB & Golkar di Sidoarjo, Pengamat Sebut Kekuatan Pilgub

Puti Guntur Soekarno mendapat suara 39.606 dan melebihi Caleg petahana dari PKB yaitu Arzeti Bilbina dan Caleg petahana dari Golkar, Adies Kadir.

Puti Cucu Soekarno Berhasil Lampaui Caleg PKB & Golkar di Sidoarjo, Pengamat Sebut Kekuatan Pilgub
ISTIMEWA
Mbak Puti saat menghadiri pembekalan Kordes di DPC PDIP Nganjuk. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Puti Guntur Soekarno mendapat suara 39.606 dan melebihi Caleg petahana dari PKB yaitu Arzeti Bilbina yang memperoleh 30.729 suara dan Caleg petahana dari Golkar, Adies Kadir yang mendapatkan 39.459 suara.

Sementara itu, Caleg DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaikhul Islam meraih suara terbanyak di Kabupaten Sidoarjo setelah rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Sidoarjo usai.

Syaikul Islam yang merupakan Caleg petahana mendulang 114.437 suara disusul Caleg DPR RI dari Gerindra yaitu Rahmat Muhajirin sebanyak 75.245 dan Caleg DPR RI dari PDIP Puti Guntur Soekarno dengan 39.606 suara.

Tingginya suara Syaikhul Islam di Sidoarjo tak lepas dari peran bapaknya yang merupakan tokoh agama di Kabupaten Sidoarjo yaitu Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat, KH Agus Ali Mashuri.

Para Cucu Soekarno Lolos Jadi Anggota DPR, Puti Guntur Sempat Bersaing dengan Kader Megawati

KH Agus Ali yang merupakan Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim tentu menjadi rujukan Nahdliyyin dalam menjatuhkan pilihan.

"Kalau Pak Rahmat Muhajirin ini memang bertumpu pada Sidoarjo, dia tidak menyasar Surabaya karena kekuatan Bambang Haryo dan Ahmad Dhani (Caleg Gerindra) di Surabaya," kata Direktur Riset Proximity Whima Edy Nugroho, Jumat (3/5/2019).

Yang menarik adalah Puti Guntur Soekarno yang suaranya melebihi Caleg petahana dari PKB yaitu Arzeti Bilbina yang memperoleh 30.729 suara dan Caleg petahana dari Golkar, Adies Kadir yang mendapatkan 39.459 suara.

"Ya kita tahu Mbak Puti ini baru saja nyalon Wagub artinya secara popularity cukup tinggi orang pasti masih sangat ingat dengan kampanye dan gerakan nya selama proses di Pilgub," kata Whima.

Cucu Soekarno Raup Suara Pileg Terbanyak di Dapil Jatim 1, Kalahkan Mantan Wali Kota Surabaya

Sedikit banyak, kata Whima kampanye dari Puti masih dirasakan oleh warga Sidoarjo walaupun Sidoarjo selama ini dikenal sebagai basis PKB.

Selain itu mesin PDIP yang juga solid di Sidoarjo, menjadi senjata cucu Soekarno, Puti Guntur Soekarno untuk meraup suara.

"Bisa juga di Surabaya suaranya Mbak Puti tertinggi, karena kontribusi PDIP di Surabaya memang cukup kuat dan bila dijumlah bisa saja Puti yang paling tinggi di Dapil Jatim I," pungkasnya.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved