Gubernur Khofifah: Dorong Pengentasan Kemiskinan Pedesaan

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat membuka Jambore dan Launching Klinik BUM Desa di Lokasi Wisata Boonpring BUM Desa Kerto Raharjo,

Gubernur Khofifah: Dorong Pengentasan Kemiskinan Pedesaan
istimewa
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Plt Bupati Malang, Sanusi, saat membuka Jambore dan Launching Klinik BUM Desa di Lokasi Wisata Boonpring BUM Desa Kerto Raharjo, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Sabtu (4/5/2019) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemprov Jatim terus berupaya melakukan penanggulangan kemiskinan terutama di pedesaan.

Salah satunya adalah dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pendekatan pembangunan berkelanjutan yang berpusat pada rakyat dengan menjalankan program Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa).

Melalui program ini diharapkan potensi desa dapat terus dikembangkan sehingga kemiskinan di pedesaan dapat ditekan.

“Penguatan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru, bisa dilakukan oleh desa-desa melalui BUM Desa, didukung dengan dana desa serta inovasi dan kreatifitas masyarakat yang semakin besar,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat membuka Jambore dan Launching Klinik BUM Desa di Lokasi Wisata Boonpring BUM Desa Kerto Raharjo, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Sabtu (4/5/2019).

Menurutnya, kegiatan Jambore ini mampu menjadi wadah bertemunya BUM Desa di Jatim untuk dapat saling bertukar pengalaman serta mempromosikan produk unggulannya.

Melalui forum ini diharapkan BUM Desa di Jatim semakin tumbuh dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan  kesejahteraan masyarakat desa.

Menelaah Nafsu dalam Diri Manusia Melalui Karya Lukis Berjudul Bang Boleng Bintu Aji

Polisi Amankan 2 Saksi yang Tahu Vandalisme di Jembatan Majapahit, Ancam Kenakan Tipiring ke Pelaku

Serunya Anak-anak Ikut Kids Cooking Buat Pizza di Midtown Residence Surabaya, Antusias Buat Adonan

“Jambore ini bisa dijadikan salah satu format bagaimana membangun ekonomi dari desa dan mendukung pertumbuhan ekonomi produktif dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki desa tersebut,” katanya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga mengapresiasi Lokasi Wisata Boonpring, Kabupaten Malang yang kemudian mampu menjadi referensi bagi daerah lain.

Selain itu, desa wisata yang bisa menjadi percotohan adalah Desa Wisata Pujon Kidul yang juga terletak di Kabupaten Malang.

“Teman-teman bisa ikut membangun komunikasi dan memviralkan melalui media sosial sehingga yang datang bukan hanya wisatawan tapi juga peneliti yang bisa melihat dan meneliti spesies yang ada disini, ini akan menjadi kekuatan masyarakat disini,” terangnya.

Ditambahkannya, dari total 7.724 desa yang ada di Jatim, saat ini terdapat 5.432 unit BUM Desa dan sebanyak 413 sudah berkembang dan maju. Sisanya masih dibutuhkan pendampingan.

Pendampingan ini salah satunya dilakukan melalui klinik BUM Desa untuk memfasilitasi pemetaan potensi dan jenis usaha BUM Desa, peningkatan kapasitas dan kewirausahaan BUM Desa, serta penguatan jejaring pemasaran.

“Ke depan, saya harap ada strong partnership dan kolaborasi antara dunia usaha dan industri, perbankan, perguruan tinggi, serta bersama masyarakat dan pemerintah untuk mendukung  tumbuhnya BUM Desa termasuk juga melakukan pendampingan," kata Khofifah.

Pada acara jambore ini sekaligus dilakukan launching klinik BUM Desa yang bertujuan untuk memberikan ruang akselerasi kepada BUM Desa agar cepat tumbuh dan berkembang, maju dan mandiri.

Dalam kesempatan ini, Khofifah juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang BUM Desa Terbaik Provinsi Jatim tahun 2019, diantaranya BUM Desa Kujati Perdana Kab. Pasuruan (Juara I), BUM Desa Mitra Sejati Kab. Trenggalek (Juara 2), serta BUM Desa Tawangsari Kab. Malang (Juara 3).

Usai pembukaan, Khofifah meresmikan pembukaan pasar tradisional BUM Desa Kertoharjo serta meninjau stand-stand dalam Pameran Gelar Produk BUM Desa. 

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved