Bambang DH: PDIP Dapat 3 Kursi di DPR RI Dapil Jatim I, Puti Guntur Diprediksi Dapat Suara Melejit

Ketua DPP PDI Perjuangan Bappilu, Bambang DH memastikan PDI Perjuangan bisa mengamankan minimal 3 kursi DPR RI dari Dapil Jatim I

Bambang DH: PDIP Dapat 3 Kursi di DPR RI Dapil Jatim I, Puti Guntur Diprediksi Dapat Suara Melejit
SURYA/NURAINI FAIQ
Caleg DPR RI dari PDIP, Puti Guntur Soekarno, di Kampung Rangkah Gang Buntu, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Selasa (20/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu), Bambang DH memastikan PDI Perjuangan bisa mengamankan minimal 3 kursi DPR RI dari Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo.

Walaupun data real count internal PDIP yang masuk belum 100 persen, tapi melihat perolehan suara sementara, Bambang DH menilai sudah cukup untuk mengamankan 3 kursi tersebut.

"Apalagi sudah sekian tahun kita dapat 3 kursi dari Dapil Jatim I ini," kata Bambang DH yang juga Caleg DPR RI dari Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo ini.

Namun begitu, Bambang DH belum mengetahui siapa tiga orang yang akan mengisi kursi dari PDIP dari Dapil Jatim I.

(Puti Cucu Soekarno Berhasil Lampaui Caleg PKB & Golkar di Sidoarjo, Pengamat Sebut Kekuatan Pilgub)

Adapun tiga nama yang berpotensi besar mengisi tiga kursi itu antara lain, Bambang DH sendiri, lalu Puti Guntur Soekarno, dan Caleg petahana, Indah Kurniawati.

Jika dilihat, nama Puti Guntur Soekarno berpeluang besar untuk mengisi kursi pertama dari PDIP.

Sebagai contoh di Sidoarjo, Puti Guntur berhasil meraup 39.606 suara yang dengan raihan tersebut mampu mengungguli dua Caleg petahana lainnya yaitu Arzeti Bilbina (PKB) - 30.729 suara dan caleg petahana dari Golkar, Adies Kadir - 39.459 suara.

"Saya tidak peduli terkait siapa yang akan mengisi kursi pertama, siapa yang kedua tidak masalah, ini patut disyukuri," kata Mantan Wali Kota Surabaya dua periode ini.

"Saya sendiri walaupun sudah disebut lolos belum berani bilang, karena sebagai struktur partai itu bicara harus berdasarkan data dan fakta, kalau bicara data dan fakta ya C1 patokannya," lanjutnya.

Bambang sendiri menduga, perolehan suara dari Puti Guntur Soekarno di Kota Surabaya akan sangat melejit dikarenakan tingkat penerimaan masyarakat yang bagus terhadap cucu dari Presiden RI pertama Ir Soekarno ini.

(Hasil Perolehan Suara Partai dan Caleg DPR RI dari Sidoarjo: PKB Juara, Gerindra Runner Up)

Selain itu, bisa saja dampak pencalonan Puti Guntur di Pilgub yang belum terlalu lama masih terasa hingga Pileg.

"Tapi kalau dari Pilgub sendiri kita kan kalah di Surabaya, menurut saya kunci utamanya adalah tetap di mesin partai PDIP dan figur juga," ucap Bambang DH.

Jika Puti Guntur yang baru saja pindah dapil dari Jabar X ke Jatim I ternyata bisa mengisi kursi pertama di Dapil Jatim I,  hal tersebut menjadi gambaran positif penerimaan kader PDIP terhadap sosok Puti Guntur Soekarno.

"Artinya ini bisa menjadi gambaran proyeksi kedepan di Pilwali September 2020 nanti dan sekaligus menjadi tolok ukur kekuatan PDIP di Surabaya," kata Bambang.

(Tim Pemenangan akan Baca Surat Ahmad Dhani di Depan Rutan Medaeng Siang Ini, Soal Pencalegan)

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved