Kurangi Angka Kecelakaan Kendaraan Bermotor, Polres Probolinggo Luncurkan Program Kopi Keselamatan

Satlantas Polres Probolinggo memiliki program unik dan apik untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Kurangi Angka Kecelakaan Kendaraan Bermotor, Polres Probolinggo Luncurkan Program Kopi Keselamatan
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Polres Probolinggo luncurkan program Kopi Keselamatan untuk mencegah kecelakaan, Sabtu (4/5/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Satlantas Polres Probolinggo memiliki program unik dan apik untuk mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Programnnya namanya Kopi Keselamatan. Nah program ini diyakini bisa menekan angka kecelakaan yang disebabkan karena human eror atau faktor dari pengemudi kendaraannya itu sendiri.

Dari data analisa dan evaluasi yang dilakukan tim Satlantas Polres Probolinggo selama ini, kecelakaan di Probolinggo banyak terjadi di malam hari, dan faktornya karena pengemudi itu sendiri. Ada yang kelelahan dan ada yang mengantuk.

Hasan Aminuddin Tegaskan Pemilu 2019 di Probolinggo Aman dan Transparan, Beri Pesan untuk Dua Kubu

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto menjelaskan kopi keselamatan ini adalah sebuah solusi bagi pengemudi r2, r4 atau bahkan lebih saat melintas di jalan pantura, Probolinggo.

Saat mereka mulai merasa ngantuk, dan lelah, ada tempat istirahat yang nyaman. Ia pun mengatakan, program Kopi Keselamatan ini disediakan di Pantai Bentar Probolinggo.

Lokasi Pantai Bentar ini sangat strategis karena berada di Jalan Pantura, jalur padat kendaraan baik yang mengarah ke Surabaya atau ke Probolinggo.

"Pengemudi kendaraan bisa berhenti di sini. Kami siapkan kopi gratis bagi pengemudi kendaraan. Mereka juga bisa beristirahat di sini," katanya, Sabtu (4/5/2019).

Masalah Akreditasi, Rumah Sakit di Pasuruan dan Probolinggo Terancam Putus Kontrak Dengan BPJS

Ia menambahkan, di sini, pihaknya juga menyediakan pelayanan kesehatan. Pengemudi yang merasa badannya kurang sehat, bisa langsung diperiksa oleh tim medis yang sudah disediakan.

"Kopi Keselamatan ini hanya istilah saja. Terpenting adalah bagaimana pengemudi tidak memaksakan diri ketika sudah mulai merasa ngantuk atau lelah. Kami siapkan kopi dan tempat istirahat secara gratis," jelasnya.

Ia menghimbau kepada semua pengemudi kendaraan jika sudah mulai merasa ngantuk. Jangan dipaksakan. Berhenti sejenak, menikmati kopi.

"Mereka bisa beristirahat dan menikmati kopi. Jika sudah merasa lebih baik , silahkan melanjutkan perjalanannya kembali. Saya menghimbau keselamatan itu utama, dan harus diproritaskan. Mari cegah kecelakaan dan utamakan keselamatan," tambahnya.

Ia berharap, program ini bisa sedikit membantu mengurangi kecelakaan di wilayah Probolinggo. Ia juga menghimbau kepada semua pengguna jalan khususnya pengemudi kendaraan bermotor untuk selalu waspada dan hati - hati di jalan raya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved