Dishub Surabaya Gembok 211 Mobil yang Parkir Sembarangan, Pemilik Wajib Bayar Rp 500 Ribu

Pengendara di Surabaya tidak sepatutnya meremehkan rambu dilarang parkir di Sejumlah tempat di Surabaya.

Dishub Surabaya Gembok 211 Mobil yang Parkir Sembarangan, Pemilik Wajib Bayar Rp 500 Ribu
SURYA/NURAINI FAIQ
Petugas Dinas Perhubungan Surabaya menggembok ban mobil yang parkir di area dilarang parkir.  

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ini peringatan bagi pelanggar parkir yang biasa meremehkan larangan parkir di area di larang parkir.

Dishub Kota Surabaya hingga saat ini telah menggembok paksa 211 mobil dan mengenakan tilang pelanggar parkir Rp 500.000 bagi mobil pelanggar larangan parkir. 

Kasi Pengendalian dan Operasi Dishub Kota Surabaya Soesandi Ismawan menuturkan bahwa pihaknya tak mengenal kompromi bagi pelaku pelanggar rambu parkir. Sebab penegakan tertib parkir itu seusuai amanah Perda 3/2018. 

"Sejak Januari hingga saat ini ada 200-an lebih mobil yang kita tindak gembok karena melanggar rambu larangan parkir. Untuk membuka gembok mereka harus bayar denda administratif," kata Soesandi, Senin (6/5/2019).

(Pengamanan May Day, Dishub Kota Surabaya Antisipasi Kemacetan, Siaga Rambu hingga Pengaturan Parkir)

Sebagaimana tertuang dalam Perda parkir dan diperkuat Perwali 63/2018, para pelanggar parkir itu akan dikenai sanksi berupa derek paksa, gembok, dan denda tilang.

Besaran denda tilang itu sebesar Rp 500.000 untuk mobil dan Rp 250.000 untuk motor yang melanggar rambu larangan parkir. 

Soesandi menjelaskan bahwa hampir semua pengendara di berbagai ruas jalan yang kedapatan ada pelanggaran parkir akan ditindak.

Biasanya Petugas Dishub bersama polisi dan TNI menggelar operasi penertiban. Terutama ruas jalan utama akan menjadi sasaran penindakan.

Yang paling sering adalah Jl Dharmawangsa depan RSUD Dr Soetomo Surabaya. Kemudian semua jalan-jalan protokol kota ASurabaya tidak luput dari razia penegakan Perda Parkir itu.

Di antaranya Jl Prof Mustopo, Jl Kartini, Jl Basuki Rahmat, Jl Selamet, Jl Gubeng Masjid, Jl Jagalan, dan jalan jalan lain.

(Puluhan Mahasiswa PMII Ngluruk Dishub Lamongan, Tanyakan Kelola Parkir & Juru Parkir Tanpa Identitas)

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved