Pilwali Surabaya 2020

Gus Hans dan Azrul Ananda Disebut Sosok yang Cocok Sebagai Wali Kota Pengganti Risma

Meski pagelaran Pemilihan Wali Kota Surabaya masih berlangsung tahun 2020 mendatang, namun sejumlah pihak kini mulai mencari sosok

Gus Hans dan Azrul Ananda Disebut Sosok yang Cocok Sebagai Wali Kota Pengganti Risma
TRIBUNJATIM.COM/LUHUR PAMBUDI
Presiden Persebaya, Azrul Ananda memberikan Jersey pra kompetisi Persebaya 'City of Heroes' nomor punggung 1 kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada Selasa (12/2/2019) 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Meski pagelaran Pemilihan Wali Kota Surabaya masih berlangsung tahun 2020 mendatang, namun sejumlah pihak kini mulai mencari sosok yang tepat untuk menggantikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang akan purna tugas pada tahun 2021 mendatang.

Salah satu komunitas yang aktif menyorot tentang masalah ini adalah Komunitas Peduli Indonesia (Kompi). Komunitas yang terdiri dari generasi millenial ini mengaku saat ini masyarakat yang peduli pada Surabaya harus sudah mulai mencari sosok yang pas untuk memimpin Surabaya lima tahun mendatang.

Wakil Ketua Kompi Dedy Mahendra mengatakan bahwa pengganti Wali Kota Risma ke depan memiliki tantangn yang berat.

Ini lantaran sosok Risma yang kuat, berprestasi, membawa harum nama Kota Surabaya di kancah nasional dan dunia, serta membawa perubahan positif Kota Surabaya menjadi kota yang nyaman bagi penduduknya menjadi legacy yang besar kepemimpinan Risma selama dua periode ini.

"Sehingga calon yang diharapkan masyarakat ke depan adalah sosok yang paling tidak mendekati sosok Ibu Risma atau orang yang punya kiprah besar sebelummya. Setidaknya setara atau lebih dari Ibu Risma," kata Mahendra kepada Tribunjatim.com, Rabu (8/5/2019).

5 Cara Mendaftar Mudik Gratis BUMN 2019 Secara Online, Jangan Sampai Kehabisan!

Pihak Kompi sendiri mengaku sudah membuat daftar calon nama tokoh yang selama ini muncul sebagai bakal calon wali kota Surabaya dan meneliti background nama-nama tersebut yang dianggap cocok menggantikan Wali Kota Risma sebagai orang nokor satu di Kota Pahlawan ini.

"Orang pertama yang kami nilai sosok yang cocok adalah Gus Zahrul Azhar As'ad atau Gus Hans. Kami menganggap bahwa beliau adalah tokoh yang mengedepankan akhlaq yang kini sangat dibutuhkan oleh bangsa khususnya Surabaya," kata Mahendra kepada Tribunjatim.com.

5 Nama yang Bakal Gantikan Wali Kota Risma di Pilwali Surabaya 2020, dari Politisi PSI hingga Kiai

Simak Penjelasan dan Fatwa MUI Mengenai Donor Darah Saat Melakukan Ibadah Puasa Ramadan

Menurutnya sosok pria yang merupakan pengasuh pondok di Jombang itu adalah sosok yang bisa mengayomi masyarakat. Baik dengan pendekatan agama, pendidikan maupun pendekatan ke masyarakat. Gus Hans dinilai Kompi memiliku kriteria calon pemimpin yang dibutuhkan masyarakat Kota Surabaya.

"Masyarakat juga tentu mengenal siapa Gus Hans tersebut, beliau adalah figur pendidik dan juga sempat banyak muncul saat menyukseskan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa," lanjut Mahendra.

Berikutnya nama yang juga dinilai cocok oleh Kompi adalah Azrul Ananda. Dikatakan Mahendra, Kompi menilai sosok Azrul sebagai panutan millenial. Sosoknya yang merupakan entrepreneur sukses, tokoh dibalik managemen Persebaya, dan juga memiliki background pengusaha yang baik dianggap cocok untuk memimpin Kota Surabaya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved