Pemilu 2019

Peneliti SSC Ungkap Peluang PSI Dapat 4 Kursi DPRD Surabaya, Sebut Soal Ceruk Anak Muda yang Digarap

Dari hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kota Surabaya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mampu merebut 4 kursi DPRD Kota Surabaya.

Peneliti SSC Ungkap Peluang PSI Dapat 4 Kursi DPRD Surabaya, Sebut Soal Ceruk Anak Muda yang Digarap
TRIBUN NEWS
Ketua Umum PSI Grace Natalie dalam pidato politik berjudul “Beda Kami-PSI-dengan Partai Lain”. PSI serius menggarap ceruk generasi milenial perkotaan yang dinamis. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dari hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kota Surabaya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mampu merebut 4 kursi DPRD Kota Surabaya.

Dengan total raihan suara mencapai 90.756, PSI  mendapatkan masing-masing 1 kursi dari Dapil Surabaya I, Surabaya III, Surabaya IV, serta Surabaya V.

Ada beberapa faktor yang diungkapkan oleh Peneliti Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam hingga PSI bisa meraih 4 kursi.

VIDEO Detik-detik Rocky Gerung-Adian Napitupulu Debat Sengit di TV, Sampai Disemprot Pembawa Acara

Yang pertama adalah PSI benar-benar menggarap ceruk anak muda di perkotaan yang relatif dinamis dan tidak terikat ideologis partai sehingga lebih cair dalam menentukan pilihan.

"Ceruk ini kian besar seiring dengan hadirnya politik 2.0 dimana anak anak muda sering berkumpul atas dasar kepentingan kreativitas atau ingin adanya perubahan di Kota Surabaya," ucap Surokim, Kamis (9/5/2019).

PSI yang dianggap sebagai partainya anak muda yang progresif mendapatkan keuntungan dari situasi tersebut.

"PSI ini kan selalu mebranding membawa misi perubahan dan kebhinekaan yang itu bisa menarik masyarakat kota yang sangat majemuk baik dari suku maupun agama," kata Surokim.

Isi Surat Ketiga Ahmad Dhani Dibongkar Sahabatnya, Berisi Kritik Petinggi Kepolisian hingga Wiranto

"Dan yang ketiga caleg PSI benar-benar fight dan tahu ceruk pemilih mengambang perkotaan," lanjutnya.

Surokim melanjutkan, sebagai penghuni baru di DPRD Kota Surabaya, PSI harus mendapatkan atensi yang positif dari masyarakat.

"Jika mereka terbukti kebal Korupsi Kolusi Nepotisme saya pikir masih akan ada kepercayaan untuk mereka dari ceruk pemilih rasional bebas di perkotaan," ucapnya.

Yang kedua, PSI harus konsisten menjaga identitas sebagai partai yang merawat kebhinekaan serta merangkul kelompok minoritas kreatif perkotaan.

"Akan lebih hebat jika PSI bisa menjembatani kelompok muda enterpreneur perkotaan yang sedang tumbuh pesat. Dengan itu saya pikir mereka masih bisa eksis dan mendapatkan kepercayaan," ucap Surokim.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved