Mega Siswindarto Jadikan Endorser dan Agen Sebagai Media Promosi dan Pemasaran Produk Mr Froniez

Dalam berwirausaha, selain produk, strategi promosi dan penjualan menjadi hal terpenting yang harus direncanakan matang.

Mega Siswindarto Jadikan Endorser dan Agen Sebagai Media Promosi dan Pemasaran Produk Mr Froniez
TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD
Mega Siswindarto, founder sekaligus owner Mr Froniez Surabaya, Jumat (10/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dalam berwirausaha, selain produk, strategi promosi dan penjualan menjadi hal terpenting yang harus direncanakan matang. Sebab, produk yang bagus tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya customer.

Mega Siswindarto, owner sekaligus founder Mr Froniez, usaha kue brownies asal Surabaya mengaku penjualan produknya bisa mencapai sekitar ratusan ribu pcs dalam satu bulan.

Bagaimana cara Mega melakukannya? Ia mengaku menjadikan endorser sebagai media promosi dan reseller atau agen sebagai tim penjualannya.

Bron Chips, varian produk Mr Froniz.
Bron Chips, varian produk Mr Froniz. (ISTIMEWA/TRIBUN JATIM)

Bron Chips, Keripik Brownies Hasil Evaluasi dari Anjloknya Pendapatan Usaha Mr Froniez Milik Mega

Di awal peluncuran Bron Chips contohnya, ia mengaku mengalokasikan dana untuk endors ke beberapa selebriti, selebgram, dan food blogger. Beberapa yang tampak pernah diendorsnya adalah Yuki Kato, Shireen Sungkar, dan Glenn Alienski.

"Di 1,5 tahun awal, saya memang siapkan budget untuk endors, selanjutnya saya stop. Ternyata, dengan endors itu, walaupun kami sudah berhenti, promosinya akan tetap jalan dari mulut ke mulut, dari postingan ke komentar," papar Mega.

Selain endors, Mega menjadikan reseller atau agen sebagai tim marketingya. Berbasis di Surabaya, Mega mengaku tidak memiliki satu pun toko untuk memasarkan produknya.

Jadikan Kegalauan Kerja Sebagai Semangat Wirausaha, Mega Siswindarto Ciptakan Brand Brownis Sendiri

Mr Froniez hanya memiliki satu rumah produksi, yakni berada di Jalan Babatan Indah A2 No 9A. Beberapa produknya dititipkan ke toko oleh-oleh di Surabaya dan pasar-pasar modern. Selebihnya, Mr Froniez menggandeng agen dan reseller dari seluruh Indonesia.

"Kami berusaha meminimalisir pembelian eceran dari luar kota. Jadi kalau seumpama ada customer dari Jakarta, mau beli hanya 5 pcs, mereka bisa beli di agen kami yang terdekat. Kalau di Surabaya, di beberapa pasar modern itu ada, kami ada agen juga, kalau mau ke Babatan pun boleh," jelas Mega

Alumni jurusan Fisika Universitas Airlangga ini, menawarkan potongan harga 40 persen untuk agen atau resellernya. Mereka pun diizinkan memakai foto endors Mr Froniez secara cuma-cuma, untuk mempromosikan produk yang dijualnya.

Ajak Masyarakat Jatim Bisnis Melalui Teknologi, Muhammadiyah Gandeng GOJEK Gelar Pelatihan Wirausaha

"Di instagram Bron Chips juga setiap hari Senin, kami mempromosikan beberapa agen yang ada. Tujuannya supaya customer lebih kenal dan dekat dengan agen resmi kami," ungkap Mega.

Kami, imbuhnya, punya slogan, modal Rp 450 ribu, untung Rp 300 ribu. Kok bisa? Perinciannya, contoh harga Bron Chips eceran, dibanderol seharga Rp 15 ribu per pcs.

Khusus agen atau reseller dengan minimal pembelian 50 pcs atau 1 dus, harga satuannya jadi Rp 9 ribu. Apabila mereka menjualnya Rp 15 ribu, berarti kan keuntungannya Rp 6 ribu x 50 pcs, sama dengan Rp 300 ribu.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved