Semarak Ramadan 2019

Tiga Tempat Ngabuburit di Kota Surabaya, Ada Masjid Cheng Hoo hingga Surabaya North Quay

Inilah tempat ngabuburit yang tepat untuk menunggu waktu berbuka puasa mulai dari Masjid Cheng Hoo hingga Surabaya North Quay

Tiga Tempat Ngabuburit di Kota Surabaya, Ada Masjid Cheng Hoo hingga Surabaya North Quay
Suryamalang.com
Masjid Cheng Ho 

TRIBUNJATIM.COM - Ngabuburit adalah tradisi yang dilakukan masyarakat muslim di Indonesia di bulan puasa Ramadan dimana setiap warga berbondong-bondong mengunjungi suatu tempat yang dinilai asyik untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Masyarakat Surabaya kerap kali melakukan kegiatan ngabuburit karena banyaknya lokasi di Surabaya yang tepat dijadikan sebuah pilihan tempat untuk ngabuburit.

Inilah 3 tempat favorit di Surabaya yang cocok bagi anda untuk menunggu waktu berbuka puasa di hari keenam puasa Ramadan kali ini yang diilansir dari Surya.co.id:

Jadwal Imsakiyah dan Berbuka Puasa Ramadan 1440 Hijriah/11 Mei di 35 Wilayah Indonesia

1.       Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho (TribunTravel.com)

Masjid Cheng Ho ini terletak di Jalan Gading Nomor 2 Surabaya dengan memiliki arsitektur perpaduan Arab dan China, Masjid Chen Ho dikatakan menarik untuk dikunjungi. Masjid Cheng Ho atau yang dikenal dengan Masji Muhammad Cheng Hoo Surabaya  adalah bangunan masjid yang menyerupai kelenteng (rumah ibadah umat Tri Dharma).

Di setiap sudut bangunan tersirat filosofinya sendiri bila anda memperhatikan lekat-lekat isi masjid ini.

Masjid yang bertingkat tiga dan berbentuk segi delapan ini hampir menyerupai pagoda dan tentunya tersirat makna keberuntungan menurut kepercayaan China.

Selain itu, Masjid Cheng Ho ini memiliki empat warna yang dominan diantaranya, merah, kuning, biru dan hijau.

Keempat warna tersebut, mengandung arti simbol kebahagiaan, kemasyhuran, harapan dan kemakmran menurut kepercayaan Tionghoa.

Di sisi utara masjid, anda dapat melihat relief wajah Laksmana Muhammad Cheng Ho hidengan replica kapalnya yang digunakan saat menyebrangi Samudera Hindia.

Halaman
12
Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved