Breaking News:

Unggul Telak, PDIP Dapat 27 Kursi DPRD Jatim, Caleg Armuji, Kusnadi dan Sri Untari Melenggang

Unggul Telak, PDIP Dapat 27 Kursi DPRD Jatim, Caleg Armuji, Kusnadi dan Sri Untari Melenggang.

TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA S
Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno saat menghadiri rapat koordinasi Aliansi Relawan Jokowi Jawa Timur di Gedung Mahameru, Jalan Diponegoro, Surabaya, Rabu (25/7/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Untuk kali pertama dalam sejarah pemilu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memimpin perolehan kursi DPRD Jatim.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat provinsi yang baru saja tuntas, Sabtu (11/5/2019), Partai bernomor urut 3 ini mendapat 27 kursi dari total 120 kursi yang diperebutkan (22,5 persen).

Jokowi-Ma’ruf Amin Unggul 65,7 Persen di Jatim, PDIP: Kepuasan Publik kepada Jokowi Sangat Tinggi

Kemenangan di Pileg jadi Cerminan Kekuatan PDIP di Pilwali 2020

Boyong 15 Kursi DPRD Kota Surabaya, Peneliti Sebut Kemenangan PDIP Karena Untung di Momentum Politik

Perolehan dari 14 daerah pemilihan (Dapil) Di Jatim tersebut lebih tinggi dibandingkan pemilu 2014 silam. Yang mana, PDI Perjuangan baru mengumpulkan 19 kursi (19 persen dari total kursi) dari 11 dapil di Jatim.

Untuk periode 2014-2019, Beberapa daerah yang menjadi lumbung PDI Perjuangan pada pemilu kali ini adalah dapil I Jatim (Surabaya), dapil Jatim VI (Malang Raya), dan beberapa daerah lain.

Di Surabaya, PDI Perjuangan meraih tiga Kursi. Sementara untuk dapil Malang Raya yang meliputi Batu, Kabupaten Malang, dan Kota Malang, PDI Perjuangan sukses mengemas empat kursi.

Satu di antara calon legislatif yang lolos dari Surabaya ada dari unsur petahana, Agatha Retnosari.

Sementara beberapa caleg baru adalah Armuji yang sebelumnya menjabat Ketua DPRD Kota Surabaya yang sukses mengemas 136.308 suara.

Di Malang, Sri Untari, Sekretaris DPD PDI Perjuangan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan Jatim kembali lolos ke DPRD Jatim dengan total suara 112.065 suara.

Sementara Kusnadi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim sekaligus Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim, Kusnadi juga berhasil kembali melenggang ke DPRD Jatim dari dapil Jatim 2 (Sidoarjo) mendapatkan 50.008 suara.

Dikonfirmasi terkait kemenangan tersebut, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari mengatakan bahwa hasil pemilu 2019 banyak disebabkan karena coattail effect dari pemilihan presiden.

Yang mana, kemenangan pasangan calon (paslon) nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin di Jatim juga cukup telak, yakni sebesar 65,79 persen.

"Kami berterimakasih kepada rakyat yang mempercayakan kepada kami dan Pak Jokowi, Hal ini bukan hanya PDI Perjuangan yang menang. Namun, rakyat juga menang. Hal ini bisa dilihat dari tingkat partisipasi yang cukup tinggi, yakni 82,5 persen, khusus untuk Jawa Timur," katanya.

"Selain itu, PDI Perjuangan adalah partainya Pak Jokowi. Sehingga, memang cukup wajar kalau memilih Pak Jokowi, juga identik memilih PDI Perjuangan," katanya.

Pihaknya berterimakasih kepada konstituen yang memberikan keparcayaan kepada partainya. "Kami menyuskuri hal ini. Sebab kami berhasil mencetak sejarah baru di Jawa Timur," katanya.

Meskipun demikian, pihaknya tak memungkiri bahwa hasil tersebut masih lebih kecil dibandingkan target pihaknya. "Kami sebenarnya memasang target realistis sebanyak 28 kursi. Namun, ternyata masih kurang dari target," katanya.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved