Ini Perolehan Kursi DPRD Jatim, PDI Perjuangan Paling Banyak, Tiga Partai Turun

Hasil perolehan kursi DPRD Jatim tiap partai berubah berdasarkan hasil rekapitulasi suara oleh KPU Jatim yang selesai Jumat (10/5/2019) lalu.

Ini Perolehan Kursi DPRD Jatim, PDI Perjuangan Paling Banyak, Tiga Partai Turun
SURYA/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi Jawa Timur yang berlangsung di Surabaya, Kamis (9/5/2019). 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Hasil perolehan kursi DPRD Jatim tiap partai berubah berdasarkan hasil rekapitulasi suara oleh KPU Jatim yang selesai Jumat (10/5/2019) lalu.

Menggunakan metode perhitungan sainte league terhadap 14 daerah pemilihan di Jatim, terungkap bahwa PDI Perjuangan sukses mengemas 27 kursi dari total 120 kursi DPRD Jatim (22,5 persen) sekaligus memimpin perolehan kursi.

Pada pemilu 2019 kali ini, PDI Perjuangan sukses mengemas dua kursi hampir di seluruh daerah pemilihan. Hanya dapil Jatim 2, Jatim 3, Jatim 12, Jatim 13, dan Jatim 14 yang hanya memberikan 1 kursi bagi partai berlambang kepala banteng ini.

Sementara di dapil Jatim 6 yang membawahi Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu, partai yang di Ketuai oleh Megawati Soekarnoputri ini mendapat 4 kursi dari 11 kursi yang diperebutkan.

Dengan perolehan tersebut, bukan hanya meningkatkan jumlah kursi dari pemilu sebelumnya yang baru mengemas 19 kursi, namun juga membuat partai bernomor urut 3 ini memimpin perolehan untuk kali pertama dalam sejarah pemilu dengan menggeser PKB.

Unggul Telak, PDIP Dapat 27 Kursi DPRD Jatim, Caleg Armuji, Kusnadi dan Sri Untari Melenggang

Raup 2,2 Juta Suara, La Nyalla Lolos Jadi Senator, Ini Program Yang Bakal Diusungnya

Briptu Muaffan Korban Bom Surabaya : Teman-teman Menganggap Saya Sudah Meninggal

Di bawah PDI Perjuangan, berturut-turut ada PKB (24 kursi), Gerindra (15 kursi), Demokrat (14 kursi), dan Golkar (13 kursi) yang juga masuk jajaran lima besar partai dengan kursi terbanyak. Jumlah kursi kelima partai ini juga meningkat dibandingkan pemilu sebelumnya.

Partai yang mampu meningkatkan jumlah kursi dengan pesat adalah NasDem. Nasdem yang sebelumnya mendapat empat kursi (empat persen) di pemilu 2014, kini sukses mengemas 10 kursi (8,3 persen jumlah kursi DPRD Jatim) atau meningkat lebih dari 100 persen.

Dengan jumlah sebanyak itu, NasDem berada di urutan keenam. Selai itu, PPP menjadi satu-satunya partai yang memiliki jumlah kursi yang sama dengan pemilu sebelumnya, yakni lima kursi.

Sementara itu kursi tiga partai lainnya, yakni PAN, PKS, dan Hanura turun satu hingga dua kursi. Sebelumnya, PAN yang mendapatkan tujuh kursi kini hanya mendapat enam kursi. Sementara PKS yang sebelumnya mendapat enam kursi kini menyisakan empat kursi.

Serta, Hanura dari yang sebelumnya mendapat dua kursi kini hanya ada satu kursi. Partai baru yang akan masuk keparlemen adalah PBB yang kemungkinan mendapat satu kursi dari Dapil Jatim 14 (Madura).

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved