Pileg 2019

Pimpin Perolehan Kursi, PDIP Mulai Siapkan Figur Ketua DPRD Provinsi hingga 17 Kabupaten/Kota

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mulai menyiapkan beberapa kadernya untuk menjadi Ketua DPRD.

Pimpin Perolehan Kursi, PDIP Mulai Siapkan Figur Ketua DPRD Provinsi hingga 17 Kabupaten/Kota
SURYA/BOBBY KOLOWAY
Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi bersama kader PDI Perjuangan yang lain ketika dikonfirmasi di sela syukuran kemenangan PDI Perjuangan, Minggu (12/5/2019) di Surabaya. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mulai menyiapkan beberapa kadernya untuk menjadi Ketua DPRD.

Mengingat, partai berlambang kepala banteng ini memimpin perolehan kursi dengan total mencapai 27 kursi dari 120 kursi DPRD Jatim (22,5 persen).

"Karena kami mendapat kursi terbanyak di Jatim, pasti itu (kursi Ketua DPRD Jatim) menjadi jatah dari PDI Perjuangan," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi ketika dikonfirmasi di sela syukuran kemenangan PDI Perjuangan, Minggu (12/5/2019) di Surabaya.

Unggul Telak, PDIP Dapat 27 Kursi DPRD Jatim, Caleg Armuji, Kusnadi dan Sri Untari Melenggang

Jokowi-Ma’ruf Amin Unggul 65,7 Persen di Jatim, PDIP: Kepuasan Publik kepada Jokowi Sangat Tinggi

Lantas siapa yang akan ditunjuk sebagai Ketua DPRD Jatim?

"Mengacu pada peraturan, pimpinan kursi legislatif harus direkomendasikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai," katanya diplomatis.

Kusnadi mengungkapkan, kursi pimpinan DPRD bukan hanya tingkat provinsi, namun juga di 17 daerah kabupaten/kota di Jatim yang dimenangkan oleh PDI Perjuangan.

"Kami bersyukur, PDI Perjuangan menambah perolehan kursi untuk DPRD Kabupaten/Kota. Kami ada kenaikan 17 kursi menjadi 316 kursi di seluruh kabupaten/kota," katanya.

Dengan perolehan ini, pihaknya memiliki peluang untuk mengusulkan kader PDI Perjuangan sebagai Ketua Dewan di 17 Kabupaten/Kota serta Wakil DPRD di 13 Kabupaten/kota.

"Sehingga, kalau diakumulasikan, PDI Perjuangan akan memiliki kursi pimpinan dewan di 30 dari 38 kabupaten/kota, serta pimpinan kursi DPRD Jatim," katanya.

PDI Perjuangan berkomitmen untuk menyiapkan kader terbaiknya di jabatan strategis tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved