Nasib Terkini Hermawan Susanto, Pria Pengancam Penggal Kepala Jokowi, Dipecat dari Pekerjaan

Hermawan Susanto usai mengancam akan memenggal kepala Jokowi, lantas dipecat dari tempat ia bekerja dan gagal menikah pasca Idul Adha

Nasib Terkini Hermawan Susanto, Pria Pengancam Penggal Kepala Jokowi, Dipecat dari Pekerjaan
Tribun Jakarta
Hermawan Susanto, pelaku yang mengancam akan memenggal kepala Jokowi 

TRIBUNJATIM.COM - Hermawan Susanto (25), pria yang terekam dalam sebuah video sambil menyerukan ancamannya untuk memenggal kepala Jokowi akhirnya ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Hermawan Susanto menyerukan niatnya dalam aksi demo di depan Bawaslu pada Jumat (11/5/2019) lalu.

Dengan mengenakan mengenakan jaket cokelat dan berpeci‎, Hermawan Susanto meneriakkan dengan tegas dan lantang niatnya untuk memenggal kepala Jokowi.

"Siap penggal kepala Jokowi. Insyaallah, insyaallah penggal kepala ‎Jokowi. Jokowi siap kepalanya kita penggal," kata pria tersebut dalam video berdurasi 1,34 detik.

Hermawan Susanto, Pria yang Ancam Penggal Kepala Jokowi Terancam Gagal Menikah Setelah Idul Adha

Hermawan Susanto ternyata ditangkap oleh Tim Subdit Jatanras Polda Metro Jaya di rumah sang Bibi, Mami Sudarmi di Perumahan Metro Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Ditangkap di Perumahan Metro, Parung, Kabupaten Bogor pada hari Minggu tanggal 12 Mei 2019, pukul 08.00 WIB," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono ketika dikonfirmasi, Minggu (12/5/2019) siang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pelaku dikenakan pasal makar karena dianggap mengancam keamanan negara.

Gibran Rakabuming Tanggapi Video Viral Pria Ancam Penggal Kepala Jokowi, Tweetnya Jadi Sorotan

Pasal 104 KUHP berbunyi, "Makar dengan maksud untuk membunuh, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan Presiden atau Wakil Presiden memerintah, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun."

Selain dikenakan pasal makar, Hermawan Susanto juga dikenakan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Pasal 27 Ayat (4) juncto Pasal 45 Ayat (1) UU RI No 19 Tahun 2016 perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE," kata Argo.

Jokowi Serahkan Kasus Video Ancaman Penggal Kepala dari Hermawan Susanto ke Polisi

Halaman
1234
Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved