Pemerintah Bangun 10 Wilayah Metropolitan Penopang Ibu Kota Baru, Lantas Mana Saja Lokasinya?

Sejalan dengan realisasi pemindahan ibu kota negara, pemerintah akan mengembangkan 10 wilayah metropolitan sebagai penopang ibu kota baru

Pemerintah Bangun 10 Wilayah Metropolitan Penopang Ibu Kota Baru, Lantas Mana Saja Lokasinya?
Kompas.com
Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat negara sedang memantau lokasi alternatif ibu kota baru Indonesia 

TRIBUNJATIM.COM - Pemindahan ibu kota negara Indonesia akan direalisasikan dalam waktu dekat setelah melewati berbagai pertimbangan yang matang.

Sudah tergambar sebuah konsep untuk mendukung wilayah-wilayah metropolitas sebagai penopang ibu kota baru Indonesia.

Konsep yang dibuat oleh pemernitah nantinya adalah membangun 10 wilayah metropolitan di Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Bali.

Berkaitan dengan hal ini, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro menjelaskan pemindahan ibu kota baru dilaksanakan untuk mempermudah rentang kendali pemerintahan.

Dengan demikian pemindahan ibu kota baru Indonesia nantinya akan mengurangi kesenjangan pertumbuhan antara Jawa dan luar Jawa.

Hanya saja pemindahan ibu kota bukan satu-satunya solusi. Mantan Menteri Keuangan mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan konsep penopang ibu kota baru, yaitu pengembangan 10 wilayah metropolitan.

“Membangun ibu kota baru bukan satu-satunya solusi, ada solusi lain yang sudah dirancang yaitu mengembangkan 10 wilayah metropolitan,” katanya di Jakarta, Kamis (16/5/2019). Bambang menerangkan, dengan dikembangkannya 10 wilayah metropolitan, maka ekosistem perekonomian di luar Jawa yang selama ini hampir tak tersentuh bisa diperkuat.

Hingga saat ini Jawa selalu memberi kontribusi hingga 58 persen untuk keseluruhan perekonomian Indonesia.

Disusul oleh Sumatera yang memberikan kontribusi sebesar 21,66 persen.

“Membuat perencanaan kota tidak berdasar wilayah administrasi tapi wilayah metropolitan karena itu realistisnya, percuma ngutak-ngatik jakarta kalau kota-kota sekelilingnya dan konektivitasnya tidak diprioritaskan,” lanjut dia.

Halaman
12
Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved