ASTRA Infra Akuisisi 44,5 Persen Saham PT Jasamarga Surabaya Mojokerto

ASTRA Infra melalui PT Astra Tol Nusantara mengumumkan akuisisi 44,5 persen saham PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM).

ASTRA Infra Akuisisi 44,5 Persen Saham PT Jasamarga Surabaya Mojokerto
ISTIMEWA/ASTRA INFRA
ASTRA Infra melalui PT Astra Tol Nusantara mengumumkan akuisisi 44,5 persen saham PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM), pemegang konsesi jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sepanjang 36,3 km, Jumat (17/5/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA - Melalui PT Astra Tol Nusantara, ASTRA Infra mengumumkan akuisisi 44,5 persen saham PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM), pemegang konsesi jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sepanjang 36,3 km, Jumat (17/5/2019).

Akuisisi saham tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian jual beli saham JSM dari PT Moeladi sebesar 24,2 persen dan PT Wijaya Karya Tbk sebesar 20,3 persen.

Hal itu merupakan upaya ASTRA Infra untuk memperkuat portofolio investasi di ruas Tol Trans Jawa.

Dengan selesainya proses akuisisi ini, ASTRA Infra kini memiliki 44,5 persen saham JSM, sedangkan selebihnya sebesar 55,5 persen dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Ajak UMKM Go Goblal, Kemkominfo Gelar Sosialisasi Tingkatkan Produk dan Jualan Berbasis e-Commerce

“Akusisi saham Tol Surabaya-Mojokerto ini akan menambah kontribusi ASTRA Infra di Tol Trans Jawa menjadi sepanjang 338,6 km atau sekitar 30 persen dari total panjang Tol Trans Jawa,” kata Group CEO ASTRA Infra Djap Tet Fa, seperti rilis yang diterima TribunJatim.com, Jumat (17/5/2019).

Kontribusi ASTRA Infra di Tol Trans Jawa meliputi ruas Tol Tangerang-Merak (72,5 km), Cikopo-Palimanan (116,8 km), Semarang-Solo (72,6 km), Jombang-Mojokerto (40,5 km) dan Surabaya-Mojokerto (36,3 km).

Ruas jalan Tol Sumo yang tersambung dengan Tol Jombang-Mojokerto dan Tol Surabaya-Gempol ini telah beroperasi penuh sejak 19 Desember 2017.

Daftar 15 Tempat Penukaran Uang di Jalur Mudik, Cek Lokasinya dari Tol Ngawi hingga Alun-alun Jember

Ruas Tol Sumo menjadi salah satu jalur Tol Trans Jawa yang strategis karena menghubungkan Kota Surabaya dengan wilayah Jawa Timur bagian barat.

Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di sepanjang jalur Surabaya-Mojokerto, meningkatkan konektivitas serta menjadi jalur utama logistik nasional, sehingga akan meningkatkan potensi ekonomi daerah Mojokerto, Jombang dan sekitarnya pada khususnya, serta Jawa Timur pada umumnya.

“Meningkatnya kontribusi ASTRA Infra di ruas Tol Trans Jawa ini sejalan dengan cita-cita ASTRA untuk sejahtera bersama bangsa”, ujar Tet Fa.

Seusai Resmi Beroperasi di Hari Pertama, Tol Malang-Pandaan Telah Dilewati 27 Ribu Kendaraan

Halaman
12
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved