Semarak Ramadan 2019

Cara Mengatasi Rasa Malas Semakin Meningkat Jelang Akhir Ramadan, Berikut Penjelasannya

Umat Muslim diharapkan dapat terus menjaga hati, lisan dan perbuatannya dalam menjalani ibadah puasa. Lalu bagaimana jika rasa malas semakin meningkat

Cara Mengatasi Rasa Malas Semakin Meningkat Jelang Akhir Ramadan, Berikut Penjelasannya
The National AE
Ilustrasi Ramadan Tahun 2019 

TRIBUNJATIM.COM - Umat Muslim diharapkan dapat terus menjaga hati, lisan dan perbuatannya dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan 1440 Hijriah.

Ustadz Aa Jufri Sahati atau Ustadz Ahmad Rustandi yang telah cukup dikenal melalui layar televisi menjelaskan bahwa hawa nafsu akan terus meningkat menjelang akhir Ramadan atau jelang Hari Raya Idulfitri.

Seperti rasa malas dalam melakukan kegiatan apapun.

Benarkah Puasanya Batal Jika Seseorang Membicarakan Orang Lain atau Ghibah? Simak Penjelasannya

Apakah Benar Jika Menggosok Gigi dan Berkumur Dapat Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya

"Yang jelas begini, di akhir Ramadan itu hawa nafsu akan semakin tinggi, dan rasa malas sebagai unsur kemanusiaan pun akan ada," ujar Ustadz 'Jufri' Rustandi, saat ditemui di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019) sore.

Ustadz 'Jufri' Rustandi, saat memberikan tausiyah di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019) sore.

Melihat fenomena yang selalu terjadi jelang akhir Ramadan itulah, menurutnya, pengendalian diri diperlukan untuk bisa mengatasi rasa malas dan meningkatnya hawa nafsu.

"Maka yang jauh lebih penting adalah pengendalian dirinya di akhir Ramadan ini, karena di akhir Ramadan ini pengendalian diri yang penting," kata Ustadz 'Jufri' Rustandi.

7 Tips Masak untuk Puasa dan Sahur Agar Tak Terburu-buru, Hemat Waktu sampai 1 Jam

Deretan Amalan Sunnah Saat Berpuasa di Bulan Ramadan 1440 Hjiriah, Dapat Pahala Makin Lipat Ganda

Lebih lanjut, ia pun kembali menekankan pernyataannya bahwa tiap Muslim diharapkan bisa mengendalikan dirinya sendiri agar ibadah mereka selama Ramadan diterima Allah SWT.

"Saya bilang tadi, nafsu semakin meningkat kemudian rasa malas juga akan ada, itu yang jauh lebih penting, pengendalian diri," tegas Ustadz 'Jufri' Rustandi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hawa Nafsu dan Rasa Malas Semakin Meningkat Jelang Akhir Ramadan, Ini Saran Ustaz 

Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved