Semarak Ramadan 2019

Ini Tips Mengatur Waktu Makan Sahur Supaya Tubuh Tetap Bugar Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Berikut TribunJatim.com sajikan tips mengatur waktu makan sahur agar tubuh tetap bugar saat berpuasa.

Ini Tips Mengatur Waktu Makan Sahur Supaya Tubuh Tetap Bugar Saat Menjalankan Ibadah Puasa
TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD
dr Jojok Santoso SpPD FINASIM dari RS Wiyung Sejahtera. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Berpuasa Ramadan selama satu bulan, bukan berarti aktivitas kita harus dikurangi.

Untuk dapat terus aktif beraktifitas seperti biasa selama berpuasa, dr Jojok Santoso SpPD FINASIM mengatakan kuncinya adalah menjaga tubuh tetap bugar.

Ditemui di ruang praktiknya di RS Wiyung Sejahtera, Jojok mengatakan mengatur waktu makan saat sahur merupakan hal yang harus diperhatikan.

"Ketika sahur, usahakan mengakhiri sahur jangan makan makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, umbi-umbian, atau roti," ujarnya.

Tips Memilih Makan Sahur untuk Penderita Asam Lambung dan Maag ala Dokter, Hindari Jenis Makanan Ini

Sebab, karbohidrat merupakan jenis kandungan makanan yang cepat hilang. Sehingga energi yang berasal dari karbohidrat, setelah delapan jam akan menghilang. Puncaknya pada pukul 12 siang, seseorang akan cenderung merasa sangat lapar.

Jenis makanan yang mengandung protein tinggi, lebih disarankan Jojok untuk menu makan sahur, antara lain kacang dan almond. Jenis makanan berprotein tinggi, jelas Jojok, namun rendah karbohidrat mengandung kalori yang tinggi.

Konsumsi makanan tinggi kalori, menurut Jojok akan membuat seseorang lebih tidak mudah lemas. Tenaganya akan selalu ada untuk beraktivitas.

"Makanan berprotein tinggi yang nol gula dan karbohidrat itu almond. Ini sangat bagus dimakan sahur untuk tetap fresh beraktivitas selama berpuasa," tutur Jojok.

7 Tips Masak untuk Puasa dan Sahur Agar Tak Terburu-buru, Hemat Waktu sampai 1 Jam

Untuk menutup makan sahur, Jojok menyarankan untuk tidak makanan atau minuman manis. Sebab, hal itu akan membuat seseorang yang berpuasa lebih cepat haus.

Buah kurma ruthob adalah yang disarankan Jojok untuk menutup menu sahur. Ia pun memperingatkan untuk tidak lupa meminum air sekitar satu sampai satu setengah liter saat sahur.

"Itu kalau ditutup dengan kurma masak pohon yang setengah matang atau ruthob, rasa kenyangnya akan lebih awet," tukas Jojok.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved