Klenteng Berusia 150 Tahun, Cagar Budaya Kota probolinggo Ludes Dilalap si Jago Merah

Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Sumber Naga di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Sabtu (18/5/2019)

Klenteng Berusia 150 Tahun, Cagar Budaya Kota probolinggo Ludes Dilalap si Jago Merah
(Surya/Galih Lintartika)
Kondisi Klenteng Sumber Naga di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo yang terbakar semalam, Sabtu (18/5/2019) 

TRIBUNJATIM.COM,PROBOLINGGO - Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Sumber Naga di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Sabtu (18/5/2019) dinihari terbakar.

Si jago merah melalap hampir semua bagian klenteng yang masuk dalam cagar budaya tersebut. Yang hangus semua itu ruangan Konghucu, untuk Tao dan Budha sebagian yang terbakar. Klenteng yang terbakar ini merupakan klenteng bersejarah yang usianya diperkirakan sudah 150 tahun lebih.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara dan sesuai informasi dari saksi kejadian, diduga kuat api bersumber dari lilin yang menyala.

“Pertama kami ikut berduka atas musibah ini. Dari informasi yang kami terima sementara, api bermula dari lilin yang menyambar dan terkena benda yang mudah terbakar,” kata AKBP Alfian Nurrizal kepada Tribunjatim.com.

Harga Cabai Anjlok, Khofifah Siap Bentuk BUMD Pangan untuk Selamatkan Petani

Kedapatan 4 Kali Merampok, 2 Perampok Asal Jombang Lumpuh Kena Timah Panas Tim Marong Polres Tuban

Rumah Mertua Capai Rp 300 Miliar, Hunian Annisa Pohan Juga Tak Kalah Mewah, Ruang Tamunya Anti Kuman

Kendati demikian, ia mengaku akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Kata dia, apo melalap hampir seluruh bangunan, dan berhasil dijinakkan setelah empat unit tim pemadam kebakaran turun dan dibantu warga.

"Pemadaman dilakukan selama 2 jam. Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa ini, sedangkan kerugian materil diperkirakan miliaran rupiah," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengaku prihatin atas kejadian ini. Ia mengaku sangat kehilangan dan ikut bersedih atas terbakarnya Klenteng ‘Sumber Naga’ ini.

“Bagaimanapun, kejadian ini membuat saya ikut sedih. Klenteng yang bersejarah ini merupakan cagar budaya di Kota Probolinggo,” tambah dia. (lih/TribunJatim.com).

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved