Semarak Ramadan 2019

Selama Ramadan, Kanwil Kemenkumham Gelar Pembinaan Rohani Untuk Karyawan Setiap Hari

Kanwil Kemenkumham Jatim menambah waktu pembinaan rohani bagi pegawai muslim. Kajian ajaran Islam yang biasanya dua kali seminggu menjadi setiap hari.

Selama Ramadan, Kanwil Kemenkumham Gelar Pembinaan Rohani Untuk Karyawan Setiap Hari
istimewa
Para pegawai Kanwil Kemenkumham Jatim ikuti kajian Islam di Masjid Al-Muttaqin 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, dan bagi umat muslim  sangat dianjurkan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Oleh sebab itu, Kanwil Kemenkumham Jatim menambah waktu pembinaan rohani bagi pegawai muslim. Kajian ajaran Islam yang biasanya dua kali seminggu menjadi setiap hari.

Kajian ajaran Islam atau majelis ta’lim itu dilakukan usai salat duhur berjamaah di Masjid Al-Muttaqin, atau saat jam istirahat.

“Kita asumsikan bahwa suluruh pegawai muslim berpuasa, jadi kita manfaatkan waktu istirahat untuk mengaji,” ujar Kadiv Administrasi Haris Sukamto yang juga bergabung dalam majelis, Sabtu, (18/5/2019).

Durasi majelisnya pun lebih lama dari biasanya. Ustaz M Yasin yang menjadi pembicara siang ini membawakan materi 'Kemuliaan Wanita' selama 30-60 menit.

Nur Khamid Unggah Foto Sandal Jepit Putus saat Istri Bulenya Polly Alexandria Pergi ke Inggris

Pencari Katak di Benjeng Gresik Ditemukan Tewas di Pematang Sawah

25 Warga Binaan Pemasyarakatan di Jatim dapat Remisi Waisak

 Pada forum kajian yang mayoritas pesertanya adalah laki-laki itu, Yasin berpesan agar jamaah bergaul dengan wanita secara patut. “Dan berlaku adil bagi yang memiliki istri lebih dari satu,” ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Menurut Yasin, seorang suami tidak boleh berlaku keras kepada istrinya. Baik fisik maupun spiritual. Setiap suami adalah pemimpin dan dimintai pertanggungjawabannya.

Seseorang cukup dianggap berdosa apabila dia menyia-nyiakan orang yang harus diberi makan (istri dan anaknya).

“Dan yang paling besar pahala di sisi Allah adalah satu dinar yang dinafkahkan kepada keluarganya,” ungkapnya.

Terakhir, Yasin berpesan agar pasangan suami-istri menjaga komunikasi yang baik. Ringan bertanya dan menjawab. Dengan begitu, akan tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah.

“Takwa dalam urusan rumah tangga adalah tidak mudah berselisih. Bisa mengendalikan diri, baik lisan maupun tindakan,” tutupnya.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved