Bantu Kurangi Polusi Air dan Limbah Fashion Melalui Daur Ulang Busana Berbahan Jeans Bekas

Retnayu Jiwangga RPG, pengajar fashion desgin LaSalle College Surabaya menyampaikan, proses pembuatan jeans menyumbangkan polusi.

TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD
Belajar membuat totebag dari celana jeans bekas, bersama LaSalle Collage, bertempat di O Market Go+ Tunjungan Plaza 5, Sabtu (19/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Retnayu Jiwangga RPG, pengajar fashion desgin LaSalle College Surabaya menyampaikan, proses pembuatan jeans menyumbangkan polusi yang cukup besar terhadap air.

"Jeans itu kan supaya warnanya bisa biru begitu prosesnya dilakukan berulang kali menggunakan chemical. Nah dari proses ini, sedikit banyak pasti chemicalnya terbuang ke laut dan mencemari lingkungan," ujarnya.

Untuk itu, imbuhnya, mendaur ulang bahan jeans yang kita miliki, dapat menjadi salah satu cara mengurangi pencemaran air dan limbah fashion. Apalagi jeans merupakan bahan busana yamg paling kuat.

Talawang Jadi Inspirasi Busana Avant Garde Karya Siswa Fashion Desain LaSalle College Surabaya

Ditantang Buat Busana Avant Garde, Siswa LaSalle Collage Jadikan Batang Garing Sebagai Inspirasi

"Semua orang pasti punya jeans, baik itu celana, atau jaket. Biasanya mereka akan pakai sampai rusak atau kalau sudah kekecilan baru dibuang. Nah daripada dibuang, kan mending kita daur ulang, diubah jadi sesuatu," ujarnya.

Mendaur ulang bahan jeans, jelas Ayu dapat dilakukan dengan mengubah bentuk dan fungsinya.

"Kalau kita pakai kain katun atau polyester kan kecantol kawat bisa langsung sobek ya? Nah kalau jeans ini bahannya sangat kuat, diubah jadi tas-tas gitu bagus dan kuat banget," jelas Ayu.

Bahkan, imbunya, celana panjang jeans itu, bisa dikreasikan jadi banyak benda.

LaSalle College Surabaya Pilih Tema Hasarita Demi Ujian Kelulusan Siswa Fashion Design Angkatan 2016

Kolaborasi Embran Nawawi dan LaSalle Surabaya, Summer Ettiquette 2020 Akan Dirilis Maret Ini

Dijelaskan Ayu, bagian waistband (lingkar pinggang) celana jeans sampai paha bisa dijadikan totebag.

Lalu sisa potongannya, bisa dipotong lagi menjadi dua atau tiga bagian dan dikreasikan sebagai tepak pensil juga wadah tentengan botol.

"Atau kalau nggak mau ribet motong- jahit, ya dipotong aja sesuai selera, lingkaran atau persegi, lalu jadikan alas gelas, panci, atau piring panas," imbuhnya.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved