Jelang Penetapan Hasil Pemilu 2019, Ketua PWNU Jatim Jelaskan Bahayanya Politik Jalanan

Terkait wacana people power, KH Marzuki Mustamar mengimbau agar masyarakat tetap tenang.

Jelang Penetapan Hasil Pemilu 2019, Ketua PWNU Jatim Jelaskan Bahayanya Politik Jalanan
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menanggapi isu wacana people power jelang penetapan hasil Pemilu 2019, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar mengimbau agar masyarakat tetap tenang.

"Jangan ikut-ikutan untuk melakukan sesuatu yang itu bukan kewenangan kita. Lebih baik yang guru ya tetap mengajar, yang petani tetap ke sawah, yang pedagang tetap berangkat jualan," kata KH Marzuki, Sabtu (18/5/2019).

KH Marzuki menilai, jika suatu gerakan diatasnamakan sebagai kedaulatan rakyat, maka jalur yang resmi adalah disalurkan melalui Pemilihan Umum (Pemilu).

Antisipasi Gerakan People Power, Kapolres Pasuruan Razia Pengguna Jalan Bareng TNI dan Satpol PP

Antisipasi Aksi People Power, Polisi Gelar Sweeping di Terminal Bungurasih dan Stasiun Sidoarjo

"Yang menang ya dinyatakan menang lewat pemilu itu adalah suara rakyat, kedaulatan rakyat. Jangan lantas  hanya sekian persen orang mengatasnamakan kedaulatan rakyat lalu menggunakan politik jalanan," tegas KH Marzuki.

Menurut Pengasuh Ponpes Sabilurrosyad, Gasek, Malang ini, ketika ada suatu kelompok yang mencapai kekuasaan dengan cara memaksa, nantinya pemerintahan yang berkuasa akan kurang mempunyai legitimasi serta kurang mendapatkan dukungan dari dunia internasional.

"Dia juga tidak mendapatkan kepercayaan rakyatnya yang mengakibatkan negara tidak stabil yang membuat pembangunan susah, saham turun dan nilai rupiah pun akan turun," ujar KH Marzuki.

Untuk itu, menurut KH Marzuki, masyarakat harusnya percaya seratus persen kepada penyelenggara Pemilu yaitu KPU dan Bawaslu, serta aparat penegak hukum maupun kepolisian dan TNI.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved