Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unair Buat Seni Instalasi Instagramable dari Bahan Tidak Terpakai

Acara berkonsep wisata selfie dengan menghadirkan seni instalasi berkonsep unik, belakangan sedang disuguhkan oleh beberapa mall di Surabaya.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unair Buat Seni Instalasi Instagramable dari Bahan Tidak Terpakai
TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD
Art of Less Waste, seni instalasi photo booth menggunakan bahan tidak terpakai dari mahasiswa semester empat Ilmu Komunikasi UNAIR. Bertempat di Atrium Lower Ground Ciputra World Surabaya Mall, mulai Jumat (17/5/2019) sampai Selasa (21/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Acara berkonsep wisata selfie dengan menghadirkan seni instalasi berkonsep unik, belakangan sedang disuguhkan oleh beberapa mall di Surabaya. Contohnya Haluu di Tunjungan Plaza 6 dan Lucid Dream Pakuwon Mall.

Seolah tak mau ketinggalan, Ilmu Komunikasi (Ilkom) UNAIR pun membuat acara serupa. Namun, seni instalasi photo booth yang mereka buat, memiliki tema Art of Less Waste.

"Sekarang kan photo booth instagramable dari seni instalasi sedang marak. Nah kami ingin memanfaatkan momen tersebut untuk kampanye pola hidup bebas sampah. Maka dari itu kami buat konsep tersebut," ujar Michella Iswarinda, mahasiswa semester 4 Ilkom UNAIR yang bertugas ketua pelaksana acara tersebut.

Retnayu Jiwangga Ajarkan Cara Membuat Totebag dari Celana Jeans Bekas dengan Cara Potong-Tempel

Acara tersebut, lanjutnya, dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan Event. Art of Less Waste dikerjakannya bersama kelompok bernama Bhumi Sabuja yang anggotanya ada 14 orang.

"Bhumi Sabuja itu artinya Bumi Hijau. Nama itu kami putuskan karena melalui acara ini kami berharap akan lebih banyak anak muda yang peduli lingkungan, sehingga bumi tetap asri," jelas Michel.

Dalam Art of Less Waste, ada enam konsep photo booth yang disuguhkan. Semua seni instalasi dalam photo booth itu, terbuat dari bahan tidak terpakai.

Mereka pun bekerja sama dengan Bank Sampah untuk mendapatkan barang tidak terpakai yang dijadikannya sebagai bahan seni instalasi.

"Sebelumnya, kami juga mengadakan sayembara untuk mengumpulkan industrial waste dan electronical waste. Teman-teman di kampus yang mau memberikan wadah kosmetik, kabel usb, atau headphone yang tidak terpakai, kami ganti dengan barang baru. Ada yang kami ganti piring, kosmetik baru juga," imbuh Kirania Rainasya, program director Art of Zero Waste.

Bantu Kurangi Polusi Air dan Limbah Fashion Melalui Daur Ulang Busana Berbahan Jeans Bekas

Kira menjelaskan, untuk dapat berwisata foto di enam konsep photo booth yang ada, cukup membeli pouch karya mahasiswa Ilkom seharga Rp 10 ribu.

Acara tersebut, ungkap Kira, telah digelar sejak Jumat (17/3/2015) dan akan berakhir pada Selasa (21/3/2015).

"Selain wisata foto. Kami juga sudah siapkan botol bekas, karton bekas, dan kertas majalah bekas untuk pengunjung yang mau ikut membuat montase di panggung utama," ujar Kira.

Di akhir acara nanti, tambahnya, sampah-sampah dari acara Art of Less Waste akan kembali diserahkan ke Bank Sampah.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved