Penukaran Uang Baru di Kodam V Brawijaya Surabaya Sudah Dibuka, Warga Antre dari Jam 6 Pagi

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Surabaya resmi membuka layanan penukaran uang baru di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya pada Selasa (21/5/2019)

Penukaran Uang Baru di Kodam V Brawijaya Surabaya Sudah Dibuka, Warga Antre dari Jam 6 Pagi
TRIBUNJATIM.COM/Fikri Firmansyah
Suasana penukaran uang baru di Markas Kodam V Brawijaya Surabaya pada, Selasa (21/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Surabaya (BI) resmi membuka layanan penukaran uang baru di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya pada Selasa (21/5/2019). 

Penukaran uang kertas baru secara massal itu dilakukan selama 3 hari mulai Hari Selasa (21/5/2019) sampai hari Kamis (23/5/2019).

Acara penukaran uang tersebut dibuka Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur, Difi A. Johansyah bersama Kasdam V Brawijaya, Brigjen Bambang Ismawan serta pimpinan perbankan yang berada di Surabaya.

Setiap hari, BI bersama 13 bank dan Mobil kas kelilingnya melayani 1.300 orang tiap harinya.

(Penukaran Uang Baru di Kodam V Brawijaya Surabaya Dibuka Hari Ini, Ada 13 Mobil Kas Keliling)

Masyarakat diberi kesempatan untuk menukarkan uang maksimal satu paket. Satu paket senilai Rp 3.700.000 dengan rincian satu paket Rp 2.000, satu paket Rp 5.000, satu paket Rp 10.000 serta satu paket Rp 20.000.

Dari pantauan TribunJatim.com dilapangan, antusiasme masyarakat sangat tinggi, terbukti dari sejak pukul 05.50 WIB, sudah banyak masyarakat yang berdatangan untuk antre di lokasi.

Mereka yang datang kemudian mengambil nomor antrean yang sudah ditentukan panitia beserta nomor tenda bank yang harus dituju.

Sambil menunggu mendapatkan giliran panggilan yang mulai dibuka pukul 09.00 WIB, masyarakat dengat tertib menunggu panggilan tersebut dengan duduk di bawah tenda. Ada juga yang duduk dibawah pohon

Kepala Perwakilan BI Surabaya, Difi A.Johansyah mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir tidak kebagian pecahan uang baru.

(Daftar 15 Tempat Penukaran Uang di Jalur Mudik, Cek Lokasinya dari Tol Ngawi hingga Alun-alun Jember)

"Kita sediakan 471 loket penukaran uang baru di 68 perbankan di Jawa Timur yang siap melayani. Tidak hanya itu saja, bahkan BI juga menyiapkan penukaran di rest - rest area yang ada di Jawa Timur.

“Melakukan penukaran uang di bank itu lebih aman sebab dapat menghindari jumlah uang yang kurang dan adanya uang palsu yang diselipkan di uang itu, " imbuh Difi.

Difi juga menjelaskan bahwa tahun ini proyeksi kebutuhan uang baru di masyarakat Jawa Timur sebesar Rp 33,4 triliun naik 14,8 persen dari tahun lalu yang sebesar Rp 29,1 triliun.

Sedangkan kebutuhan untuk di Kota Surabaya diperkirakannya juga mengalami kenaikan dari Rp 14,9 triliun pada 2018 kini mencapai Rp 17,1 triliun.

(Polrestabes Surabaya Imbau Pemilik Jasa Penukaran Uang Pinggir Jalan Tidak Pamerkan Bendelan Uang)

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved