Kampus di Surabaya

Bakal Punya Laboratorium Future Digital Economic, Unusa Kembangkan Teknologi IoT Smartphone

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bekerja sama dengan Indosat Ooredo mengembangkan future digital economic laboratorium.

Bakal Punya Laboratorium Future Digital Economic, Unusa Kembangkan Teknologi IoT Smartphone
Istimewa
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya - unusa.ac.id 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bekerja sama dengan Indosat Ooredo mengembangkan future digital economic laboratorium.

Laboratorium ini akan digunakan untuk produk Internet Of Things, yang rencananya akan digunakan pada bulan agustus 2019.

Dekan Fakultas Teknik Unusa, Dr Istas Pratomo mengatakan dari kerja sama tersebut pihaknya juga studi banding ke ITB yang telah memiliki laboratorium berbasis IoT pertama di Indonesia.

"Dari hasil studi banding tersebut kami akan melakukan pengembangan teknologi IoT, semua benda akan terkoneksi dengan internet," kata Istas, Rabu (22/5/2019).

(Pemerintah Belgia Pinjami Rp 500 M untuk Isi Perlengkapan Medis Rumah Sakit Universitas Brawijaya)

Selain itu, teknologi IoT akan dilembangkan laboratoriun Unusa dengan menerapkan smarthome, lampu, pintu, jendela dan lemari.

"Misalnya, membantu kita mengetahui berat penataan buku di rak, membuka pintu cukup melalui handphone, begitu juga menyalakan lampu dan buka tutup pintu pagar," katanya.

Selain pada hunian, civitas akademik Unusa akan menyiapkan smartsurveillance untuk presensi mahasiswa dan karyawan.

"Presensi mahasiswa tak lagi finger atay sidik jari, cukup dengan kamera yang telah dipasang IoT otomatis akan mendeteksi wajah peserta yang hadir," tambahnya.

Pihaknya berharap laboratorium IoT dan Future Digital Economic Unusa ini dapat digunakan oleh kalangan mahasiswa, alni hingga peneliti.

"Kami mengaharapkan mahasiswa Unusa mampu membuat alat-alat tersebut. Mereka yang ingin membula usaha baru di bidang IoT bisa menggunakan sebagai alat uji atau eksperimen sebelum dipasarkan," pungkasnya.

(Rumah Sakit Universitas Airlangga Luncurkan Buku Manajemen HIV/AIDS)

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved