Aksi 22 Mei

KRONOLOGI AKSI 22 MEI, Wiranto Sebut Dalang Aksi 22 Mei akan Ditindak Tegas Secara Hukum

Inilah kronologi peristiwa 22 Mei, Wiranto menyebut dalang yang buat kericuhan akan ditindak secara tegas.

KRONOLOGI AKSI 22 MEI, Wiranto Sebut Dalang Aksi 22 Mei akan Ditindak Tegas Secara Hukum
(ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto memberikan keterangan pers tentang situasi keamanan terkait penetapan hasil rekapitulasi Pemilu 2019, di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Wiranto mengatakan terdapat rencana inskonstitusional dalam agenda aksi unjuk rasa pada Rabu (22/5/2019) untuk menolak hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 yang dilakukan KPU. 

TRIBUNJATIM.COM - Sejauh ini Menkopolhukam, Wiranto menyebutkan pemerintah sudah mengetahui dalang di balik kericuhan aksi 22 Mei setelah unjuk rasa di Kantor Bawaslu RI, Jakarta.

Dilansir dari TribunJakarta.com, pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh Wiranto sejalan dengan hasil investigasi yang dilakukan oleh aparat keamanan dan pemerintah.

Dengan demikian, Wiranto menjelaskan, untuk menangani permasalahan ini, aparat keamanan akan bertindak tegas secara hukum.

"Kita sebenarnya dari hasil investigasi saat ini sudah tahu dalang aksi tersebut. Aparat keamanan dengan seluruh kekuatan akan bertindak tegas secara hukum," kata Wiranto, Rabu (22/5/2019).

Wiranto menambahkan, dalam serangakaian peristiwa yang menimbulkan kericuhan itu, pihaknya melihat adanya upaya untuk menciptakan kekacauan nasional.

Wiranto Sebut Dalang Aksi 22 Mei Preman Bayaran, Fadli Zon Bantah Pengunjuk Rasa Pendukung Prabowo

Hal itu dikarenakan, tokoh-tokoh yang memberikan pernyataan seperti menyalahkan aparat keamanan atas jatuhnya korban jiwa.

Bahkan, Wiranto melihat adanya upaya untuk menciptakan kebencian dan menunjukkan sikap anti pemerintah.

Pun Wiranto menyebutkan adanya aksi brutal yang dilakukan oleh kelompok lain selain pendemo.

Wiranto menjelaskan, aksi demo yang menimbulkan kericuhan tersebut dilakukan oleh sekelompok preman bayaran yang bertato.

"Yang menyerang itu preman-preman yang dibayar, bertato," ujar Wiranto dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat.

Wiranto Tanggapi Pernyataan Prabowo Tolak Hasil Hitung Suara: Kalau Ada Masalah Salurkan ke Hukum

Halaman
1234
Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved