Luncurkan 'Buku Gaul Keuangan Syariah', OJK Regional 4 Jatim Sasar Milenial Sebagai Calon Pemimpin

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur terus berupaya menggagas program peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah di Jawa Timur.

Luncurkan 'Buku Gaul Keuangan Syariah', OJK Regional 4 Jatim Sasar Milenial Sebagai Calon Pemimpin
TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Kepala OJK Regional 4 Jatim, Heru Cahyono (dua dari kanan) dan Komisioner OJK, Ahmad Hidayat (tiga dari kanan) saat peluncuran Akses Keuangan Syariah Melalui Gerakan Menabung Milenial dan Program Edukasi Keuangan Syariah (Aksi Gaul Rek) di Surabaya, Kamis (23/5/2019) Sore. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur terus berupaya menggagas program peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah di Jawa Timur, satu diantaranya dengan peluncuran Buku Gaul Keuangan Syariah.

Hal itu disampoaikan langsung oleh Kepala OJK Regional 4 Jatim Heru Cahyono saat menghadiri acara Akses Keuangan Syariah Melalui Gerakana Menabung Milenial dan Program Edukasi Keuangan Syariah (Aksi Gaul Rek), Kamis (23/5/2019).

Heru menjelaskan, potensi pengembangan keuangan syariah di Jawa Timur yang besar tersebut belum tergarap secara maksimal.

OJK Regional 4 Jatim Komitmen Dorong Pertumbuhan Keuangan Syariah Melalui Gelaran Aksi Gaul Rek

"Saat ini tingkat literasi keuangan syariah di Jawa Timur masih rendah, yakni masih dalam kisaran 29,35 persen dan tingkat inklusi sebesar 12,21 persen," ucapnya.

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat Jawa Timur terhadap layanan keuangan syariah sudah cukup baik, namun sebagian besar masih belum menggunakan produk dan layanan keuangan syariah.

Berangkat dari kasus tersebut, Heru Cahyono beserta OJK Regional 4 Jatim akan berperan aktif dalam menggagas berbagai macam program.

"Untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Jawa Timur kami akna menerbitkan buku edukasi keuangan syariah," katanya.

Sampaikan Sosialisasi, OJK Gandeng SEC Gelar Jazz In Campus di Enam Kampus Surabaya

Upaya tersebut dijelaskan Heru diwujudkan dengan menerbitkan 3 seri buku edukasi keuangan syariah.

Buku tersebut di antaranya Buku Kumpulan Khotbah Bisnis dan Keuangan Syariah yang diluncurkan pada bulan Desember 2015, Buku Pintar Keuangan Syariah yang diluncurkan pada bulan Juni 2018 dan Buku Gaul Keuangan Syariah yang diluncurkan pada Kamis (23/5/2019).

Penyusunan Buku Gaul Keuangan Syariah bertujuan agar generasi milenial yang merupakan calon-calon pemimpin baru dapat memiliki pemahaman yang cukup dalam bidang keuangan syariah.

"Buku ini disusun OJK Regional 4 Jatim bersama MUI Jawa Timur, ADPASI, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Majelis Sarjana Ekonomi Islam (MASEI), Forum Dai Ekonomi Islam (FORDEIS), Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI), Kantor Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur, Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Surabaya," paparnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved