6 Desa Belum Penuhi Syarat, Pemkab Lamongan Perpanjang Waktu Pendaftaran Cakades

Pendaftaraan calon kepala desa di Lamongan Jawa Timur yang seharusnya ditutup pada 22 Mei 2019, akhirnya diperpanjang selama dua puluh hari kerja.

6 Desa Belum Penuhi Syarat, Pemkab Lamongan Perpanjang Waktu Pendaftaran Cakades
TribunJogja
Ilustrasi 

 TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Pendaftaraan calon kepala desa di Lamongan Jawa Timur yang seharusnya ditutup pada 22 Mei 2019, akhirnya diperpanjang selama dua puluh hari kerja.

Keputusan Pemerintahan Desa (Pemdes) itu harus dilakukan lantaran masih adanya sejumlah desa yang tidak memenuhi syarat, dengan jumlah calon kurang dari dua.

"Sesuai aturan, kalau calon pendaftar calon kades disuatu desa hanya ada satu calon, harus diperpanjang waktu pendaftarannya," kata Kabag Pemerintahan Desa, A. Khowi saat dikonfirmasi Surya.co.id (TribunJatim.com grup), Selasa (26/05/2019).

Semestinya, kata Khowi, usai penutupan pendaftaran pertama dilanjutkan dengan penelitaian berkas para pendaftar cakades.

Ternyata masih ada beberapa desa yang calonnya baru satu. Makanya pihaknya harus melaksanakan aturan untuk memperpanjang pendaftaran hingga 20 hari masa kerja.

Rayakan Ultah Sang Ayah di Medaeng, Al Ghazali Harapkan Ahmad Dhani cepat Berkumpul Lagi

Target H-7 Lebaran 2019 Sudah Dua Jalur, Pengerjaan Underpass Karanglo Malang Terus Dikebut

PT Arsari Pratama Sebut Mobil Ambulans Berlogo Gerindra Sumbangan Untuk Tim Kesehatan Indonesia Raya

Terdata diantara desa yang belum ada rival cakades atau baru satu calon diantaranya, Desa Kaligerman Kecamatan Karanggeneng, Latukan Karanggeneng, Desa Blumbang dan Klagensrampat Maduran, Desa Dagan Solokuro dan Desa Konang Kecamatan Glagah.

"Itu desa yang pendaftar cakades baru satu," kata Khowi.

Kalau sampai batas akhir perpanjang kedua tetap satu calon ? menurutnya, panitia harus bisa mengambil kebijakan yakni, calon boleh mendaftarkan istri atau suaminya.

Kebijakan itu dimaksudkan agar roda pemerintahan desa bisa berjalan. Dan cara itu juga diperbolehkan menurut aturan.

"Yang penting minimal ada dua calon," katanya kepada Tribunjatim.com.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved