Jelang Hari Raya Idulfitri 2019, Sopir Bus dan Truk di Kabupaten Tuban Jalani Tes Urine

Ratusan awak kendaraan bus, truk dan elf yang melintas di wilayah Tuban dilakukan tes urine di terminal wisata Kambang Putih.

Jelang Hari Raya Idulfitri 2019, Sopir Bus dan Truk di Kabupaten Tuban Jalani Tes Urine
SURYA.CO.ID/M SUDARSONO
Kegiatan Operasi Simpatik Bersih Narkoba oleh BNNK dan petugas gabungan untuk memeriksa tes urine dari para sopir kendaraan umum, Minggu 926/5/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Ratusan awak kendaraan bus, truk dan elf yang melintas di wilayah Tuban dilakukan tes urine di terminal wisata Kambang Putih.

Tes urine yang melibatkan petugas gabungan dari BNNK, Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Tuban itu guna persiapan menjelang lebaran idul fitri 1440 Hijriah.

Hal itu untuk memastikan tidak ada sopir kendaraan umum yang mengkonsumsi narkoba. Sehingga membahayakan keselamatan penumpang atau masyarakat lain.

Pembangunan Jembatan Kanor Bojonegoro-Rengel Tuban Segera Direalisasikan Tahun ini

Kepala BNNK Tuban, AKBP Made Arjana mengatakan, kegiatan Operasi Simpatik Bersih Narkoba ini memeriksa tes urine para pengemudi, kernet, dan kondektur angkutan umum.

Tentu tujuannya untuk mengetahui apakah ada sopir atau kondektur yang mengkonsumsi barang haram tersebut atau tidak.

"Ya kita tes urine para sopir bus, sopir elf, sopir truk dan kondektur juga," ujar Made Arjana kepada wartawan, Minggu (26/5/2019).

Selain melakukan tes urine, kegiatan melibatkan Polres dan Dishub Tuban tersebut juga memeriksa barang-barang milik penumpang, kelengkapan kendaraan serta kelayakan kendaraan.

Sopir Truk Gandeng Salip Kendaraan di Tuban, Gandengan Truk Terguling, Pejalan Kaki Tewas

Operasi ini dilakukan dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan keselamatan kepada penumpang menjelang arus mudik lebaran.

"100 pengemudi angkutan umum yang kita lakukan tes urine, kita sampling dan hasilnya negatif semua. Kita lebih ke upaya pencegahan," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menyatakan, selain tes urine, surat-surat dan kelayakan kendaraan juga dilakukan pengecekan oleh petugas. Begitupun dengan barang bawaan penumpang juga dicek. 

Itu kaitannya dengan kelaikan dari kendaraan operasional yang akan digunakan untuk angkutan lebaran juga.

"Semua kita cek dan tidak ada temuan, baik tes urine maupun kelayakan kendaraan," Ungkap Nanang.

Penulis: M Sudarsono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved