Libur Lebaran 2019, BPJS Pasuruan-ProbolinggoSiagaka 205 FKTP dan RS Untuk Layani Peserta

Kepala BPJS Wilayah Pasuruan - Probolinggo, Indriana menjelaskan, selama libur lebaran, semua Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Pasuruan

Libur Lebaran 2019, BPJS Pasuruan-ProbolinggoSiagaka 205 FKTP dan RS Untuk Layani Peserta
(Surya/Galih Lintartika)
Kepala BPJS Paspro, Indriana saat memberikan penjelasan 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir menjelang masa libur lebaran tahun 2019.

Mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, (29 Mei - 13 Juni 2019), peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan.

Bahkan, saat peserta JKN KIS mudik ke luar kota pun tetap bisa dilayani. Hal ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Wilayah Pasuruan - Probolinggo, Indriana menjelaskan, selama libur lebaran, semua Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Pasuruan - Probolinggo bisa digunakan. Totalnya ada 206 , dan semuanya buka dan kapan saja bisa digunakan.

"Memang tidak semua buka secara bersamaan, tapi bergantian. Misal, ada yang buka di titik A, lusa titik A tutup dan titik B buka. Intinya, semuanya bisa melayani, tidak ada yang tutup. Misal FKTP tidak bisa melayani, UGD di semua rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS di sini, siap melayani," katanya kepada Tribunjatim.com.

Permadi Satrio Wiwoho Penuhi Panggilan Kedua Polda Metro Jaya: Saya Enggak Pernah Makar!

TERKUAK, Ternyata Perusuh 22 Mei Diperintah Bunuh 4 Tokoh Nasional & 1 Pimpinan Survei, Siapa Saja?

Djadjang Nurdjaman Targetkan Persebaya Surabaya Lolos ke Babak Semifinal Piala Indonesia

Ia menjelaskan, peserta JKN-KIS bisa mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut, karena sedang mudim. Layanan kesehatan tersebut bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, kata dia, untuk daftar FKTP tersebut, dapat dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Intinya, pihaknya ingin memberikan kemudahan bagi para peserta untuk mendapatkan pelayanan medis yang layak.

"Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku," tambahnya. (lih/TribunJatim.com).

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved