Forum Humas BUMN/BUMD Jatim Siap Hadapi Era Industri 4.0, Tingkatkan Knowledge Management

Forum Humas BUMN/BUMD Jawa Timur (Jatim) terus berupaya meningkatkan kompetensi anggotanya.

Forum Humas BUMN/BUMD Jatim Siap Hadapi Era Industri 4.0, Tingkatkan Knowledge Management
istimewa
Para Humas BUMN dan BUMD saat berkumpul bersama di Surabaya. 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Forum Humas BUMN/BUMD Jawa Timur (Jatim) terus berupaya meningkatkan kompetensi anggotanya.

Terutama dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, di mana humas harus memahami solusi teknologi dalam sebuah proses bisnis.

”Kami rutin menggelar sharing session sebagai bagian dari knowledge management untuk meningkatkan kompetensi para anggota. Wujudnya macam-macam, termasuk saat Ramadhan seperti ini kami bikin buka bersama yang dilanjut dengan rangkaian diskusi,” kata Ivone Andayani, Ketua pengurus FH BUMN/BUMD Jatim, di Cafe Rollas, Surabaya, Senin (27/5/2019).

Revolusi Industri 4.0 menjadi salah satu fokus utama pemerintah, dari pusat sampai daerah. Untuk bisa sukses menghadapi era tersebut, setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan. Yaitu, berkolaborasi, giat berinovasi, mempunyai visi kewirausahaan, dan berorientasi digital.

”Maka update knowledge tentang pentingnya IT solution dalam proses bisnis di sebuah perusahaan menjadi hal yang harus dipahami bukan hanya oleh Tim IT dalam perusahaan tapi juga oleh Humas," tambah Ivone.

Eranya sudah digital, perusahaan, baik itu BUMN, BUMD, dan korporasi lain selalu menginginkan bisnisnya bertumbuh, profit, performansi bagus, dan punya daya saing global. Di situlah, IT mempunyai peran besar dalam mengakselerasi kinerja perusahan.

Ivone menambahkan, pada awalnya, Forum Humas BUMN/BUMD ini memang ditujukan untuk mempercepat koordinasi mengingat semua berada dalam satu kementerian yang sama, ditambah dengan BUMD yang memiliki prinsip bisnis yang mirip dengan BUMN.

”Sehingga kami semua merupakan keluarga besar. Karena kebetulan menjalankan bisnis di Jawa Timur, sehingga harus bersinergi dan berkolaborasi bukan hanya dengan sesama BUMN tapi BUMD setempat,” ujar Ivone, yang mewakili PT Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra.

Rekam Jejak Wiranto, Luhut, Budi Gunawan dan Gories Mere yang Jadi Target Pembunuhan di Aksi 22 Mei

Traktir Nagita Slavina Tas Mewah Gara-gara Kalah Taruhan, Mama Rieta: Haduh, Gak Anak Gak Mantu!

Irish Bella Ramai Dikabarkan Hamil, Unggahan Istri Ammar Zoni Jadi Sorotan, Nafa Urbach Ucap Selamat

Humas atau PR adalah bagian strategis di sebuah perusahaan sehingga perannya harusnya menjadi rangkaian kekuatan organisasi. Kolaborasi antar humas ini juga jadi kekuatan.

"Beberapa kegiatan ke depan sudah jadi agenda kami, mulai dari diskusi, program kampanye PR secara bersama, dan sebagainya,” kata Ivone kepada Tribunjatim.com.

Selain itu, anggota yang baru bergabung, yakni perwakilan dari PTPN XII, Vety Veronica, mengatakan acara sharing session malam ini sangat menarik, seru, dan ternyata dimana - mana orang humas itu ramai.

"Dalam artian, kita - kita yang junior dibimbing dari para senior dalam suasana serius tapi santai," kata Vety.

Sebagai informasi, kegiatan sharing session yang diadakan FH BUMN/D Jatim ini, dihadiri sekira 25 orang yang terdiri dari beberapa BUMN dan BUMD beserta perwakilan maupun anak perusahaannya. Seperti PT Telkom Indonesia, PT Pertamina, PT PAL, PT PLN, PT BGR Logistics, PT PGN, PT Barata Indonesia, PT Pelindo III, PTPN X, PTPN XI, PTPN XII, PT PJB, PT Mitratel, PT Panca Wira Usaha, dan PDAM Surya Sembada Surabaya.(Sri Handi Lestari/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved